Monday, July 4
Shadow

AC Kamar Tidak Dingin? Ketahuilah Penyebabnya

Pastinya anda penasaran bagaimana sih cara kerja ac yang setiap harinya anda gunakan? AC ataupun air conditioner merupakan alat yang bisa mengatur udara sehingga mampu mengkondisikan Ruangan menjadi sejuk. Selain itu, bisa digunakan untuk menentukan suhu ataupun kondisi ruangan sesuai dengan yang kita inginkan.

Alat untuk merendahkan suhu dari ruangan tersebut dibandingkan dengan lingkungan sekitarnya. Ada beberapa di dalam perangkat AC adalah kompresor, kondensor, orifice tube, evaporator, katup ekspansi, dan evaporator.

Jika Anda belum pernah membuka komponen yang ada di dalam AC seperti ini perlu mengetahui beberapa nama-nama komponen tersebut. Apalagi untuk mengetahui Cara Kerja AC yang kemungkinan belum banyak orang tahu cara kerjanya.

Karena kecanggihan teknologi yang selalu berkembang, menjadikan teknologi yang ada pada AC seperti ini memiliki kualitas teknologi yang sangat canggih. Sehingga para pengguna akan diberikan kemudahan untuk mengatur ataupun untuk mengoperasikan AC dengan cara otomatis.

Akan tetapi dari beberapa kemudahan dan kecanggihan teknologi AC saat ini, tak jarang ada yang mengalami kendala. Seperti contoh AC Kamar Tidak Dingin. Selain mengetahui beberapa komponen yang ada di dalam perangkat AC seperti ini anda juga harus mengetahui berbagai kendala. Agar nantinya Anda bisa membetulkan, ataupun bisa mengganti part sesuai dengan komponen yang rusak. Jika nanti anda memasrahkan pada jasa service AC, anda juga tidak akan tertipu dan sudah memahami permasalahannya.

Beberapa Penyebab AC Kamar Tidak Dingin

unsplash.com

Terik matahari di siang hari dan cuaca yang semakin panas membuat kita ingin merasakan udara dingin di ruangan. Seringkali masalah muncul bagi para pengguna AC dikarenakan beberapa kendala yang mengakibatkan AC Kamar Tidak Dingin. Jadi anda harus tahu penyebab serta cara mengatasinya.

  1. Yang pertama adalah dari settingan remote AC yang tidak sesuai. Banyak sekali Kendal aC tidak mau dingin dikarenakan dari pengaturan ataupun mode pada remote AC tersebut tidak sesuai. Jika remote AC tersebut di setting di mode dry, ataupun pada mode heat, hal ini menyebabkan kompresor AC beroperasi. Untuk cara mengatasinya cukup mudah sekali. Anda tinggal melakukan pengaturan mode pada posisi cool ataupun pada posisi Auto. Ataupun Anda juga bisa mengatur ada ada kipas/fan di posisi maksimal agar nantinya udara yang akan keluar lebih kencang.
  2. Berikutnya kendala outdoor yang mati. Outdoor yang mati menyebabkan AC menjadi tidak dingin. Hal ini disebabkan kompresor yang ada pada aksi tersebut tidak bisa bekerja dengan maksimal untuk sirkulasi kan freon pada jalur pipa AC tersebut. Untuk mengatasi kendala seperti ini anda tinggal cek arus listrik yang nantinya keluar dari indoor. Selain itu, silahkan anda cek jalur kabel dari indoor tersebut ke Unit outdoor. Pastikan jika semua kabel masih dalam keadaan bagus dan tidak ada kabel yang putus. Kemungkinan jika outdoor mati dikarenakan dari Kabel penghubung yang putus.
  3. Freon AC kurang ataupun habis. Penyebab ini yang sering kali muncul dan dialami oleh kebanyakan para pengguna AC. AC di kamar mereka tidak bisa dingin dikarenakan tidak mengecek pada bagian freon. Seringkali freon juga sering habis dikarenakan ada beberapa kendala kebocoran pada saluran pipa. Jadi jangan hanya asal anda mengisi freon tersebut tanpa mengecek terlebih dahulu pada saluran pipa. Pastikan terlebih dahulu pada saluran pipa tersebut tidak ada kebocoran dan baru anda isi dengan freon.

Cara Kerja Secara Detail Ac

pixabay.com

AC ditemukan pada tahun 1902 oleh Willis Carrier. Dia itu seorang ahli Teknik Elektro yang saat itu bisa membuat alat dengan kecanggihan yang sangat luar biasa. Itu bisa menyerap kelembaban yang tinggi di udara pada saat musim panas.

Selanjutnya akan diolah dengan menggunakan alat dan akan menjadi dingin udara tersebut. Pada dasarnya AC bekerja untuk mendinginkan udara di ruangan dengan menggunakan prinsip fisika sederhana. Yaitu konversi cairan yang nantinya menjadi udara secara alami dan menyebabkan penyerapan panas tersebut. Hal ini dinamakan dengan fase konversi.

Perangkat AC nantinya akan memanfaatkan suatu campuran kimia sehingga bisa menciptakan lingkungan tertutup, dimana di dalamnya nanti akan ada proses penguapan dan kondensasi secara berulang kali. Untuk campuran seperti inilah yang dinamakan dengan refrigerant. Terdiri dari chlorofluorocarbon, hydro chlorofluorocarbon, dan perfluorocarbon.

Beberapa senyawa tersebut nantinya bisa menciptakan fase konversi di dalam perangkat AC tersebut. Selain itu, dari perangkat AC jika memiliki kipas yang nadanya bisa membantu untuk mengalirkan udara panas tersebut berjalan melalui kumparan yang nantinya akan berisi refrigerant.

Nantinya udara panas tersebut akan dialirkan dengan bantuan kipas tersebut menuju kumparan evaporator yang berisi refrigerant ataupun senyawa refrigerant. Selanjutnya langsung proses penyerapan panas dan merubah wujud dari cair menjadi gas. Agar nantinya refrigerant tersebut mampu melakukan tugas ataupun proses tersebut, AC harus bisa mengembalikan wujud dari gas kembali menjadi cairan.

Untuk cara seperti ini nantinya menggunakan cara kerja penekanan gas ataupun yang biasa disebut dengan kompresi. Tekanan yang tinggi nantinya akan menyebabkan timbulnya suhu panas yang langsung pada perangkat kipas tersebut dialirkan menuju kumparan golden share dan dialirkan ke ruangan. Siklus seperti ini yang tentunya bisa berjalan secara berulang-ulang..

Maka dari itu, perlu Anda ketahui Untuk beberapa perangkat yang harus diberikan perlindungan khusus pada perangkat AC khususnya. Yaitu di bagian pipa AC tersebut harus diberikan perlindungan khusus agar tidak mudah rusak.

Anda bisa menggunakan pelindung pipa AC yaitu menggunakan armaflex. Saat ini tersedia dengan berbagai jenis ukuran dan ketebalan. Cari ketebalan ukuran 1/4 inchi hingga ketebalan mencapai 2 inch. Contoh ketebalan dari bahan tersebut juga memiliki harga yang berbeda. Yang jelas untuk harga armaflex 2 inch memiliki harga yang masih tergolong rendah dibanding dengan merk lainya.

Mungkin itu tadi beberapa informasi cara kerja pada perangkat AC yang selama ini mungkin belum anda ketahui.