Tuesday, January 25
Shadow

Apakah yang Dimaksud Dengan Toleransi

Tentu anda sudah mendengar mengenai toleransi. Apalagi jika anda hidup di indonesia tentu akan diminta untuk menjunjung tinggi apa yang dinamkan toleransi. Lalu apakah yang dimaksud dengan toleransi? Toleransi sendiri memiliki arti menghargai atau bisa juga disebut dengan menghormati kepentingan kelompok atau individu lain dalam masyarakat sekitar. Tentu ini termasuk juga menghormati perbedaan yang anda temukan selama perbedaan tersebut tidak menyalahi aturan hukum. Tindakan toleransi sangat penting untuk dilakukan demi mewujudkan masyarakat yang tentram dan damai. Lawan dari toleransi sendiri tentu tindakan intoleransi.

Intoleransi dan Toleransi serta Pengertiannya

Tindakan ini bisa memicu konflik dan perpecahan antar masyarakat yang memiliki banyak perbedaan. Bentuk pelanggaran toleransi tentu banyak sekali. Namun hal tersebut tentu akan bisa dicegah jika sedari kecil kita sudah menanamkan sikap toleransi. Salah satu sikap toleransi yang paling penting adalah menghormati agama lain. Kenapa hal ini penting dilakukan? Karena banyak sekali perpecahan yang terjadi mengatasnamakan agama. Padahal agama apapun tentu akan mengajarkan kebaikan di dalamnya. Kasus perpecahan agama ini tentu tak akan terjadi jika masyarakat di lingkungan tersebut mempunyai sikap toleransi yang tinggi.

Pentingnya Menanamkan Toleransi Sejak Dini

Cara menanamkan sikap toleransi tidaklah sulit. salah satu cara yang bisa mudah ditempuh adalah dengan mempunyai banyak teman. Mempunyai banyak teman apalagi teman yang berbeda beda memang membuat pikiran akan lebih dewaa. Dengan banyaknya teman yang berbeda, kita bisa memahami pola pikir orang lain sehingga tidak akan muncul sikap perpecahan dalam diri sendiri. Selain cara tersebut ada juga cara memplejarai lingkungan sekitar.

Di lingkungan sekitar yang mempunayi adat tertentu anda akan membiasakan diri agar bisa memahami adat tersebut. ini tentu akan menumbuhkan sikap toleransi dalam diri anda. Apalagi jika lingkungan tersebut mempunyai banyak orang yang yang berbeda sifatnya satu dengan lainnya. Ini akan membuat anda menemukan banyak perbedaan di dalam lingkungan tersebut. sehingga mengenal banyak perbedaan akan bisa mengatasi permasalahan yang berbeda beda pula.