Monday, July 4
Shadow

Tracking Habit dengan App Habit Bull

Kebiasaan merupakan sesuatu yang harus dibangun perlahan-lahan dan tidak dapat dihilangkan secara instan, tetapi membutuhkan waktu untuk merubahnya. Kebiasaan memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap kehidupan seseorang. Kebiasaan baik akan membangun kehidupan seseorang menjadi lebih baik, sebaliknya kebiasaan buruk dapat menghancurkan kehidupan seseorang.

Karena itulah kebiasaan yang baik harus dibangun agar seseorang dapat semakin produktif dalam menjalankan kehidupannya sehari-hari. Sayangnya, merubah kebiasaan buruk dan menggantinya dengan kebiasaan yang baik membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Dibutuhkan waktu lama untuk membangun kebiasaan baru serta konsistensi untuk menjalankan kebiasaan tersebut.

Agar konsisten dalam menjalankan atau membangun suatu kebiasaan baik dan positif, salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan melacak kebiasaan baik tersebut. Proses pelacakan kini semakin mudah dengan kehadiran berbagai aplikasi pelacak kebiasaan atau habit tracker yang kompatibel dengan smartphone. Salah satu aplikasi yang dapat melacak kebiasaan adalah Habitbull.

Aplikasi yang dikembangkan oleh App Holdings ini dirilis sejak tahun 2014 lalu ini telah didownload oleh sekurang-kurangnya 1 juta orang melalui Play Store dan mendapatkan rating yang cukup baik yaitu 4,5. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat membangun kebiasaan baru maupun target baru yang ingin dicapai dengan cara melakukan pelacakan terhadap kebiasaan atau kegiatan tersebut setiap hari.

unsplash.com

Cara Menggunakan Tracking Habit pada App Habit Bull

Pengguna dapat melakukan tracking habit dengan app habit bull seperti melacak berbagai kebiasaan, mengulang kebiasaan atau melakukan kegiatan untuk mencapai target tertentu. Pengguna aplikasi ini juga dapat melihat persentase keberhasilan dari setiap goal atau target yang ingin dicapai. Target yang ingin dicapai juga dapat diatur frekuensinya baik setiap hari, minggu atau bulan.

Untuk melakukan tracking habit dengan app habit bull, pengguna aplikasi hanya perlu mengatur kebiasaan agar aplikasi Habitbull dapat mengingatkan pengguna untuk melakukan aktivitas tersebut. Aplikasi ini tersedia dalam versi gratis dan versi berbayar yang tentunya ada perbedaan layanan atau fitur antara aplikasi versi berbayar dengan aplikasi versi gratis.

Sebelum melakukan tracking habit dengan aplikasi ini, download dan instal aplikasi Habitbull terlebih dahulu pada smartphone. Untuk menggunakan aplikasi ini pengguna dapat memilih untuk login menggunakan akun facebook atau mendaftar menggunakan email. Selain itu, pengguna juga dapat memilih untuk tidak mendaftar  terlebih dahulu dengan memilih opsi ‘I dont want to register’.

Dengan memilih opsi ‘I dont want to register’, akan muncul notifikasi untuk mengonfirmasi pilihan tersebut sehingga pengguna harus memilih ‘I’m sure’ jika notifikasi tersebut muncul. Untuk mulai menggunakan aplikasi tersebut, geserkan layar smartphone sebanyak dua kali ke arah kiri hingga muncul pilihan ‘Tap to dive in’. Ketuk pilihan tersebut untuk mulai menggunakan aplikasi tersebut.

Selanjutnya, tekan tanda plus untuk menambahkan kebiasaan baru atau aktivitas baru yang ingin dilakukan untuk mencapai target tertentu. Pilih kategori yang sesuai dengan kebiasaan baru yang ingin dibangun. Setelah memilih kategori, pengguna akan dihadapkan pada tata cara pelacakan kegiatan atau kebiasaan tersebut. Opsi yang dapat dipilih adalah With a simple yes or no each day, With a number atau With data from Google Fit.

unsplash.com

Jika ingin proses pelacakan dilakukan dengan lebih detil, pilih opsi ‘With a number’ sehingga pengguna dapat mengatur sendiri waktu yang dibutuhkan untuk membangun kebiasaan tersebut serta frekuensi atau target yang ingin dicapai setiap harinya. Setelah catatan kebiasaan berhasil dibuat, catatan tersebut akan muncull di kalender yang dapat diisi oleh pengguna aplikasi setiap harinya.

Selain dapat melakukan pelacakan kegiatan, pengguna aplikasi juga dapat menambahkan pengingat agar tidak lupa untuk melakukan kebiasaan baru tersebut. Catatan kebiasaan yang telah dibuat juga dapat diedit kembali apabila kebiasaan baru tersebut ingin diganti namanya atau menambah catatan kebiasaan. Batas maksimal catatan kebiasaan untuk Habitbull versi gratis adalah 5 catatan.

Meskipun membangun kebiasaan baru umumnya menyulitkan dan merepotkan, namun dengan bantuan aplikasi tracking habit setidaknya Anda akan dapat mengisi catatan serta melihat seperti apa kemajuan Anda dalam mencapai target maupun membangun kebiasaan baru. Dengan begitu, membangun kebiasaan baru dapat dilakukan dengan lebih simpel dan mudah.

Aplikasi Habitbull dapat didownload melalui situs penyedia aplikasi salah satunya adalah apkpure. Situs penyedia aplikasi yang beralamat di apkpure.co.id ini dapat diakses dengan mudah oleh siapa saja secara gratis termasuk saat mendownload aplikasi. Untuk mendownload aplikasi, pengunjung situs hanya perlu untuk memilih kategori aplikasi yang ingin didownload.

Setelah memilih kategori aplikasi, pengunjung hanya perlu memilih aplikasi yang diinginkan di apkpure. Sebelum mendownload aplikasi yang diinginkan, pengunjung situs akan diajak untuk melihat informasi aplikasi dan fitur aplikasi terlebih dahulu. Setelah itu, baru pengunjung akan diarahkan pada link download aplikasi yang bersangkutan.