Wednesday, October 21
Shadow

Bahaya Gadget Bagi Anak

 

Gadget  merupakan barang yang kudu harus dimiliki oleh setiap orang. Bagaimana tidak sekarang hampir semuanya bisa dilakukan melalui online.

Tidak hanya orang dewasa yang memiliki gadget. Anak-anak pun sekarang banyak yang sudah dibekali gadget. Banyak alasan yang menjadikan orang tua memberikan gadget bagi anak.

Tetapi tahukah kamu, kalau gadget bisa berakibat buruk bagi anak-anak. Untuk lebih jelasnya kita kita berikan ulasan bahaya gadget bagi anak di bawah ini.

Mengganggu pertumbuhan otak anak

Otak anak berkembang sangat pesat di usia 0-2 tahun dan masih berkembang sampai dengan usia 21 tahun. Perkembangan otak anak tersebut banyak dipengaruhi oleh stimulus ynag diberikan orang tua dan lingkungannya.

Ketika stimulus dari Hp berlebih maka bisa mengakibatkan anak menjadi impulsif, tantrum, gangguan dalam proses belajar dan bisa juga menurunkan kemandirian pada anak.

Tumbuh kembang lambat

Akibat paparan gadget maka anak menjadi kurang bergerak. Akibatnya pertumbuhan anak terganggu tumbuh kembang fisiknya. Disamping itu juga menurunkan kemampuan literasi anak.

Obesitas

Penggunaan gadget secara berlebih pada anak juga bisa meningkatkan risiko obesitas sebanyak 30%.

Risiko obesitas bisa menyebabkan diabetes, menderita stroke dini serta mempunyai usia harapan hidup yang rendah.

Kekurangan tidur

Sebanyak 75% pada anak-anak yang bermain gadget secara berlebih dan tanpa pengawasan yang ketat dari orangtua akan menyebabkan kurang tidur. Padahal pada waktu tidur otak anak akan mengalami perkembangan. Jika penggunaan gadget tidak terkontrol bisa mengakibatkan prestasi anak disekolah menjadi turun.

Kelainan mental

Bahaya penggunaan gadget berlebih juga bisa meningkatkan resiko kecemasan, autisme,bipolar, psikosis dan lain-lain.

Sifat agresif

Melalui Hp banyak tontonan yang bersifat kekerasan, pornografai dan hal-hal lain yang seharusnya belum boleh dilihat bagai anak. Tetapi itu semua bisa mempengaruhi anak menjadi lebih agresif terhadap orang lain jika kita lengah dalam pengawasan penggunaan gadget.

Kecanduan

Penggunaan gadget secara berlebih akan menjauhkan hubungan orang tua dan anak. Untuk mengisi kekosongan waktu maka anak lebih memilih memainkan Hpnya. Hal ini yang menyebabkan kecanduan pada anak.

Pikun digital

Jika anak menggunakan gadget terlalu berlebih juga bisa mengakibatkan anak menjadi kurang fokus terhadap satu hal. Ia mudah berganti fokus dengan lainnya. Hal inilah yang menyebabkan pikun digital. Anak jadi susah berkonsentrasi sehingga membuat prestasi belajarnya menjadi turun.

Radiasi Emisi

Pada tahun 2011, WHO menyatakan bahwa penggunaan ponsel dan gadget dimasukkan kedalam risiko 2B. Artinya bisa menyebabkan kanker akibat dari radiasi emisi yang dikeluarkan oleh ponsel dan gadget.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *