Wednesday, July 28
Shadow

Belajar Agama secara Online dengan Video Dakwah dari Instagram

Saat jaman terus berganti dan berubah, manusia pun harus terus berubah dan berusaha beradaptasi dengan perubahan tersebut. Manusia yang tidak mampu beradaptasi dan menyesuaikan dengan perubahan jaman tidak akan bertahan dan akan dicap ketinggalan jaman.

Kini saat semuanya serba online, kita tidak bisa terus berpegang pada hal-hal tradisional sepanjang waktu. Kita juga perlu untuk menyesuaikan ritme kehidupan kita dengan jaman yang baru yaitu jaman digital seperti sekarang. Pilihan kita adalah menyelaraskan ritme dengan jaman yang baru atau kita akan tertinggal.

Sekarang metode dakwah secara online pun sudah populer. Apalagi karena istilah dakwah berarti menyeru orang lain untuk berbuat kebaikan dan mencegah keburukan. Karena media sosial semakin populer, maka dakwah pun kini dilakukan secara online melalui media sosial contohnya instagram.

Instagram memungkinkan penggunanya untuk saling berbagi foto serta video dengan orang-orang. Karena itulah berdakwah melalui instagram sudah menjadi hal yang umum dan lumrah. Caranya adalah dengan berbagi video dakwah melalui akun instagram sehingga bisa diakses oleh orang lain.

Video dakwah dari instagram memungkinkan kita untuk belajar agama dari mana saja. Namun, perkembangan teknologi yang sangat pesat menyebabkan arus informasi yang tidak terbendung dari segala arah sehingga kita perlu waspada. Pasalnya, informasi yang tidak dapat dibendung tersebut juga bisa menyebabkan masalah jika yang kita dapatkan adalah informasi yang tidak benar.

Berikut beberapa tips bagi kamu yang ingin belajar agama secara online.

pexels.com
  1. Pastikan sumbernya benar.

Memastikan kebenaran materi agama saat belajar agama online sangat penting. Pasalnya, pesatnya perkembangan teknologi informasi menyebabkan banyak berita palsu atau hoax yang beredar. Selain itu, kita perlu waspada karena belajar agama secara tidak langsung dari internet berarti materi yang kita dapat bisa saja tidak sepenuhnya benar.

Karena itulah sebelum belajar agama secara online, kita harus memastikan terlebih dahulu bahwa sumbernya benar dan terpercaya. Dengan begitu kita bisa terhindar dari hoax maupun materi pembelajaran yang tidak benar dan menghindari kerugian yang tidak diperlukan.

  1. Belajarlah dari tokoh penting yang sudah terpercaya

Selain memastikan kebenaran sumbernya, kita juga harus memastikan bahwa apa yang kita pelajari berasal dari tokoh agama yang penting dan sudah terpercaya. Pastikan bahwa akun atau website yang menjadi sumber pembelajaran kita merupakan akun yang terverifikasi.

Pastikan bahwa akun tersebut memang milik tokoh penting dan dapat dipercaya tersebut. Jika perlu, kita harus memilih untuk belajar agama dari tokoh agama yang sudah terkenal sehingga kita bisa menghindari adanya kesalahan atau kepalsuan dalam materi agama tersebut. Dengan begitu, kita bisa belajar agama dengan tenang meskipun belajar secara online.

pexels.com
  1. Belajar melalui video

Belajar agama secara online dari materi tertulis memang perlu kewaspadaan tinggi agar kita dapat terhindar dari berita dan materi pembelajaran yang tidak benar. Karena itulah belajar agama melalui video bisa menjadi alternatif untuk belajar agama secara online.

Melalui video, kita bisa melihat secara langsung tokoh yang memberikan materi dakwah. Selain itu, belajar agama melalui video dakwah dari instagram secara langsung juga memungkinkan kita untuk lebih memahami materi pembelajaran. Pasalnya, materi agama yang diberikan secara lisan pasti akan lebih mudah dipahami dibandingkan materi agama yang diberikan melalui tulisan.

Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah memahami dan tertarik untuk mencari cara download video instagram tersebut.

  1. Pahami lebih dalam dengan mengkaji bersama tokoh agama secara langsung

Saat kamu telah menemukan akun media sosial tokoh agama yang penting dan menemukan video dakwah yang ingin kamu pelajari, tidak cukup hanya dengan mencari cara download video instagram kemudian mendownload video tersebut. Kamu juga harus mengkaji materi dakwah tersebut kembali bersama tokoh agama setempat secara langsung.

Dengan begitu, kamu bisa memastikan secara langsung bahwa tidak ada yang salah dari materi dakwah tersebut. Selain itu, kamu juga bisa mempelajari materi dakwah tersebut dengan lebih dalam. Pasalnya, agama bukanlah sesuatu yang bisa dianggap remeh. Salah sedikit saja bisa menyebabkan permasalahan yang mungkin akan menjurus pada radikalisme.

Tidak salah untuk belajar agama secara online, namun kamu harus waspada dan selektif mengingat sekarang adalah era dimana informasi dapat keluar dan masuk dengan mudah. Saat informasi dapat keluar masuk dengan mudah tanpa adanya batasan, informasi tersebut bisa dengan mudah ‘divermak’ dan dimanipulasi dengan informasi yang tidak benar.

Karena itulah sekarang ini kamu perlu memilah-milah informasi yang kamu dapatkan dari internet. Selain itu, informasi yang kamu dapat dari internet juga tidak boleh kamu cerna mentah-mentah. Pikirkan bahwa informasi yang tidak benar bisa merugikan orang lain termasuk diri kamu sendiri.