Wednesday, October 21
Shadow

Cara Belanja di OLX Terbaru 2020

Salah satu tempat berbelanja online yang terkenal di Indonesia adalah OLX. Sebelum ada OLX Indonesia , dulunya bernama tokobagus.com. Namun sejak toko bagus bergabung dengan salah satu marketplace iklan baris yang terkenal namanya berganti menjadi OLX. Bukan hanya itu saja bahkan berniaga.com juga tertarik dan bergabung dengan OLX.co.id.

Cara Belanja di OLX Terbaru 2020

Untuk membeli barang dan berbelanja di OLX sangatlah mudah. Apabila ingin membeli di OLX maka kita tidak diwajibkan untuk membuat akun OLX terlebih dahulu. Berikut ini adalah ulasan mengenai cara bertransaksi di OLX :

  1.       Yang pertama kita masuk dahulu ke www.OLX.co.id
  2.       Memilih tempat wilayah sesuai dengan domisili tempat kita sedang berada, contohnya Purwokerto
  3.       Selanjutnya adalah menentukan kata kunci barang yang akan kita cari,misalkan saya ketik Hp samsung
  4.       Dan hasilnya adalah semua Hp Samsung yang masuk kedalam wilayah di Purwokerto
  5.       Lalu kita klik salah satu iklan tersebut
  6.       Setelah kita klik salah satu iklan tersebut maka akan muncul deskripsi  tentang informasi Hp tersebut. Jika kita cocok maka kita harus menghubungi penjual yang tertera pada iklan tersebut

Cara diatas termasuk salah satu cara jika kita ingin mencari tipe Hp tertentu. Lalu bagaimana cara supaya kita bisa menemukan berdasarkan kategori? Caranya sangat mudah yaitu setelah kita menentukan wilayah maka kita tinggal memilih kategori yang telah tersedia di halaman.

Itulah sebabnya kenapa kita harus mencari barang di wilayah domisili tempat kita berada karena sistem pembayaran yang ada di OLX menggunakan fasilitas COD. Metode ini merupakan cara yang paling aman ketika kita bertransaksi karena barang akan dibayar ketika barang sudah sampai di rumah kita.

Oleh karena di OLX tidak ada rekening bersama untuk melakukan pembayaran maka kita juga harus dituntut hati-hati ketika barang tersebut pembayarannya melalui transfer. Jadi jangan salahkan OLX jika kita terkena tipu dalam membeli maupun menjual barang.

Tips Belanja di OLX

Untuk kita yang akan berbelanja online di OLX ada beberapa tips yang harus dilakukan yaitu :

  •         Pada saat kita mencari barang maka kita harus mengusahakan agar barang yang akan kita beli wilayahnya tidak jauh dengan kita. Ini dikarenakan pembayaran yang dilakukan biasanya menggunakan sistem COD dan tidak bekerjasama dengan Trucking dispatch companies untuk proses pengiriman barang.
  •         Sebelumnya kita harus membaca deskripsi barang terlebih dahulu sebelum kita memutuskan untuk membelinya. Kita juga jangan sampai tergiur ketika barang yang ditawarkan lebih murah dibandingkan dengan yang lain.
  •         Pada saat barang sudah disetujui untuk dijual maka kita jangan sekali-kali melakukan DP untuk barang tersebut. Ini penting sekali karena untuk menghindari penipuan.
  •         Pada ssat bertransaksi dengan menggunakan OlX maka kita jangan sekali-kali mengirimkan data pribadi kita kepada penjual.
  •         Untuk melakukan transaksi sebaiknya Di Siang hari dan dilakukan ditempat yang ramai. Saat akan bertransaksi juga kita agar membawa teman dan tidak sendirian.
  •         Sebelum kita melakukan transfer uang maka pastikan terlebih dahulu  nomor rekening penjual. kita juga bisa mengecek nomor rekening tersebut di cekrekening.id.

Bukan hanya pembeli saja yang harus berhati-hati namun penjual juga harus berhati- hati ketika akan melakukan transaksi. Jika kita sebagai penjual maka kita jangan mau apabila pembeli  memaksa untuk membayar melalui rekening tertentu.

Dan selalu ingat untuk tidak melakukan transaksi di tempat yang terlihat gelap dan sepi. Serta kita hindari memberikan barang terlebih dahulu kepada pembeli sebelum di transfer pembayarannya.

Hal lain yang tak kalah penting adalah ketika kita melakukan COD dengan pembeli maka pastikan keaslian uangnya. Selain itu juga apabila dilakukan melalui transfer maka kita minta bukti transfernya dengan jelas.

Selain COD, metode pembayaran yang bisa dilakukan ketika kita membeli di OLX yaitu dengan menggunakan kartu kredit,kartu debit, ATM transfer, Doku wallet, melalui alfamart dan indomart. Sampai saat inipun OLX masih terus berupaya memudahkan penggunanya untuk meningkatkan fasilitas metode pembayarannya.

Apabila kita melakukan ATM transfer atau bank transfer saat kita membayar di OLX maka kita akan diberikan nomor virtual account. Sedangkan jika pembayaran dengan menggunakan kartu kredit maka harus ada tanda VISA dan Mastercard. Kita tinggal memasukkan verifikasi transaksi dilanjutkan dengan memasukkan kode password 3D secure dan melanjutkan pembayaran.

Kemudian apabila kita melakukan pembayaran melalui alfamart maupun indomaret maka kita akan diberikan kode pembayaran jika memilih menggunakan metode tersebut. Tulislah kode pembayaran tersebut lalu serahkan ke kasir untuk memprosesnya dan kita tinggal membayar ke kasir.

Dan pada saat kita melakukan pembayaran dengan menggunakan DOKU Wallet maka kita tinggal masuk kedalam aplikasi DOKU wallet kita. Lalu masukkan id invoice dan lakukan pembayaran.

Cara Mengadu Penipuan di OLX

Pada saat bertransaksi di OLX maka keamanan adalah hal yang penting bagi pengguna OLX. Tetapi ada saja pihak yang biasanya memanfaatkan situasi hanya untuk mendapatkan keuntungan semaya dan merugikan orang lain. Apabila kita mengalami korban penipuan di OLX maka langkah yang harus kita lakukan adalah :

  •         Melaporkan pengguna pada OLX melalui fitur yang sudah tersedia
  •         Laporkan kepada pihak kepolisian disertai dengan bukti-bukti yang ada
  •         Pada saat yang bersamaan maka kita bisa menghubungi OLX dengan menyertakan bukti agar OLX memblokir akun tersebut.

Pada dasarnya OLX adalah aplikasi untuk pemasangan iklan. Maka baik pembeli maupun penjual apabila bertransaksi harus lebih hati-hati. Semoga ulasan mengenai cara belanja di OLX menjadi bermanfaat bagi kita.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *