Monday, July 4
Shadow

Ciri Ikan Louhan Dan Jenisnya Yang Paling Terkenal

Ikan louhan atau ikan lohan (Flowerhorn) merupakan jenis ikan air tawar yang banyak dicari karena dianggap mendatangkan keberuntungan. Ikan jenis ini tidak seperti ikan lain yang dahinya rata, namun memiliki dahi jenong yang menyita perhatian.

Walaupun bentuknya agak sedikit aneh bagi orang yang baru pertama kali melihatnya, namun ternyata ikan ini cukup bernilai tinggi. Lalu apa saja jenis ikan lohan yang paling banyak diburu sebagai ikan peliharaan? Temukan jawabannya pada uraian di bawah.

Ciri Ikan Lohan Dan Jenisnya Yang Paling Terkenal

Jika kalian melihat ciri-ciri ikan dengan berbagai karakteristik seperti di bawah ini, berarti ikan tersebut adalah ikan lohan :

  1. Ikan yang mampu tumbuh hingga 30 cm panjangnya. Ikan yang satu ini memiliki tingkat pertumbuhan yang sedang dan tidak terlalu cepat.
  2. Tubuhnya agak besar dan lebar, dengan sirip yang bentuknya menyerupai kipas. Pada bagian dahinya, berbentuk jenong dan menonjol seperti luka tonjok. Namun jangan khawatir, bentuk dahi ikan louhan memang normalnya seperti itu.
  3. Adanya corak yang memukau pada tubuh ikan. Biasanya warna corak tubuh tersebut berwarna merah-putih-hitam dan oranye.

Nah, berbagai karakteristik tersebut sangat mewakilkan bentuk fisik dari ikan lohan. Satu ekor dari jenis ikan yang satu ini bisa dihargai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Oleh karena itu, kalian harus mengetahui jenis-jenis ikan louhan yang paling terkenal berikut ini :

  1. Flowerhorn Kamfa

Ikan yang satu ini merupakan jenis ikan Flowerhorn yang cukup mahal harganya. Yang membuatnya mahal adalah bercak pada tubuhnya yang berwarna merah-putih. Pada bagian tengah tubuhnya ada bercak hitam yang memanjang dengan pola yang asimetris. Flowerhorn Kamfa diberi harga lebih dari 3 juta rupiah per ekor.

  1. Flowerhorn Golden Red

Jenis ikan louhan yang satu ini bisa dibilang sebagai yang termahal diantara berbagai jenis Flowerhorn lainnya. Nilai jualnya yang tinggi disebabkan oleh corak warna tubuhnya yang berwarna merah keemasan. Ada juga corak warna hitam pada bagian-bagian tertentu tubuh ikan Golden Red. Ikan yang satu ini dijual dengan harga lebih dari 3 juta rupiah untuk kualitas yang paling standar.

  1. Flowerhorn Golden Base

Ikan louhan Golden Base memiliki warna keemasan pada seluruh bagian tubuhnya. Ikan ini tidak memiliki corak sama sekali. Oleh karena itu, harganya juga cukup mahal. Bayangkan saja, satu ekor ikan ini dibanderol dengan harga lebih dari 2 juta rupiah.

Dan masih ada banyak lagi berbagai jenis ikan louhan yang sangat terkenal dan bahkan dipatok nilai tukar selangit. Bagi kalian yang ingin memelihara ikan ini, sebaiknya rawat baik-baik karena harga belinya yang lumayan mahal.