Tuesday, January 25
Shadow

Contoh Artikel Opini

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), opini adalah pendapat;pikiran;pendirian. Opini merupakan sebuah pandangan atau pendapat pribadi seseorang yang menjelaskan sesuatu atau sebuah peristiwa baik yang sudah terjadi maupun belum terjadi. Opini kerap kali ditemukan di berita di televisi maupun surat kabar. Selain itu opini juga dapat ditemukan dalam bentuk artikel di media cetak dan media online. Artikel sendiri merupakan karya tulis yang berisi gagasan ataupun fakta yang bertujuan untuk membujuk, mendidik, atau menghibur pembacanya. Berikut merupakan contoh artikel opini.

Contoh Artikel Opini tentang Kedai Kopi

Kedai kopi kekinian sedang sangat menjamur baru-baru ini. Kedai kopi dengan berbagai merek bermunculan dimana-mana di penjuru Indonesia. Kedai kopi kekinian biasa menyajikan kopi fresh yang baru saja dioleh yang dimix dengan berbagai bahan, seperti susu, coklat, bahkan gula jawa. Selain itu kopi juga disajikan dengan pilihan banyak toping, yang membuat kedai kopi sangat digemari untu dikunjungi. Bukan henya tentang kopinya, namun kedai kopi yang ramai bermunculan juga memiliki penyebab lainnya.

Maraknya kedai kopi terjadi karena beberapa faktor, bukan hanya dari lezatnya minuman kopi tersebut. Pertama, maraknya kedai kopi dipengaruhi oleh sedang maraknya mobile gaming. Saat ini banyak orang-orang bermain mobile gaming di smartphonenya, mereka biasanya akan bermain bersama teman-teman mereka, oleh karena itu mereka membutuhkan tempat berkumpul. Hal itulah yang menginspirasi beberapa pengusaha untuk membuat kedai kopi sebagai sarana berkumpul para penggemar mobile gaming.

Faktor kedua menjamurnya kedai kopi kekinian adalah populernya sosial media. Sosial media kini menjadi sarana untuk memamerkan status sosial. Beberapa orang menganggap minum kop di kedai kekinian dapat menaikkan status sosial mereka. Orang yang minum dan nongkrong dengan teman-teman di kopi kekinian dianggap seseorang yang memiliki status sosial tinggi. Mereka biasanya akan memposting foto mereka yang sedang minum kopi di kedai kopi kekinian untuk memperoleh perhatian para pengguna media sosial lainnya.

Tersedianya jaringan internet wifi merupakan faktor ketiga banyaknya kedai kopi kekinian yang bermunculan. Biasanya sebuah kedai kopi kekinian menyediakan jaringan internet wifi secara gratis. Hal ini dimanfaatka bagi mereka yang tidak memiliki jaringan internet di smartphonenya. Biasanya penggila mobile gaming sangat membutuhkan internet untuk menyalurkan hobinya. Jaringan wifi di kedai kopi kekinian membantu mereka menyalurkan hobi mereka. Mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas kuliah bahkan skripsi pun juga tidak mau kalah untuk memanfaatkan jaringan internet wifi pada kedai kopi kekinian. Para mahasiswa membutuhkan internet untuk mencari referensi tugas kuliah maupun skripsi. Jaringan internet wifi yang disediakan kedai kopi kekinian juga membantu kedai agar selalu ramai pengunjung.

Faktor berikutnya adalah sebagai sarana sebuah acara. Pada umumnya sebuah acara seperti seminar atau semacamnya diadakan di sebuah gedung, namun biaya yang digunakan cukup besar, oleh karena itu banyak lembaga atau komunitas menyewa kedai kopi untuk mengadakan acaranya. Bahkan banyak juga komunitas yang menjadikan kedai kopi kekinian sebagai basecamp mereka. Beberapa kedai kopi kekinian pun membuat ruangan khusus untuk disewa sebagai tempat berlangsungnya acara, biasanya mereka akan menyebutnya. Hal ini tentu akan memberikan keuntungan bagi komunitas maupun kedai kopi.

Faktor yang tak kalah meningkatkan jumlah kedai kopi kekinian di Indonesia adalah para komunitas sepakbola. Kedai kopi kekinian memanfaatkan animo penggemar sepakbola yang mencari sarana untuk mengadakan nonton bareng pertandingan sepak bola atau yang biasa disebut nobar. Biasanya penggemar sepakbola yang diincar adalah penggemar sepakbola mancanegara, karena hanya sedikit pertandingan sepakbola mancanegara yang disiarkan di televisi lokal. Biasanya kedai kopi kekinian akan menyediakan layar besar serta proyektor untuk mendukung acara nobar. Selain itu yang terpenting kedai kopi harus menyediakan internet untuk melakukan streaming siaran pertandingan sepakbola mancanegara.

Dilansir dari ekonomi.bisnis.com, pertumbuhan kedai kopi di Jakarta mengalami peningkatan 20 persen. Faktor faktor yang telah disebutkan diatas memiliki peran dalam meningkatnya jumlah kedai kopi di Indonesia. Selain sajian kopi yang menarik perhatian pengunjung, faktor-faktor eksternal yang kebanyakan merupakan faktor sosial yang memiliki pengaruh besar dalam berkembangnya kedai kopi kekinian. Disisi negatif, kedai kopi kekinian memiliki potensi meningkatkan sifat konsumtif masyarakat, sedangkan di sisi positifnya,maraknya kedai kopi meningkatkan kualitas UKM di Indonesia, serta meningkatkan konsumsi hasil industri kopi lokal Indonesia.

Artikel di atas merupakan sebuah contoh artikel opini yang bisa dipesan melalui jasa penulis artikel. Dari artikel di atas dapat dilihat paragraf-paragraf yang memuat pendapat dari penulis dan beberapa info pendukung yang dapat menginformasikan serta memberikan persepsi bagi pembacanya.

Artikel opini di atas dapat dijadikan referensi unuk belajar menulis sebuah artikel atau pun digunakan untuk mengisi konten blog. Jika dirasa terlalu sulit, Anda bisa menggunakan jasa penulis artikel.