Tuesday, January 25
Shadow

Daftar Sungai Di Kalimantan Yang Wajib Diketahui

Kalimantan memiliki banyak sungai – sungai yang tersebar di seluruh wilayah pulau, dari sungai – sungai besar hingga anak sungai. Sungai dimanfaatkan sebagai pasokan air bersih serta irigasi lahan persawahan. Serta tidak sedikit pula sungai yang dimanfaatkan sebagai jalur transportasi baik angkutan orang maupun barang. Berikut beberapa sungai yang terdapat di Kalimantan.

Daftar Sungai Di Kalimantan

Sungai Mahakam

Sungai Mahakam, adalah salah satu sungai terbesar yang ada di Indonesia. Terletak di Kalimantan, sungai ini membelah kota Samarinda di Kalimantan Timur. Sungai mahakam digunakan sebagai jalur transportasi, baik kapal penumpang bahkan hingga kapal tongkang pengangkut batu bara yang selalu hilir mudik melewati Sungai Mahakam.

Sungai Kapuas

Sungai kapuas yang terletak di Kalimantan Barat adalah sungai terpanjang di Indonesia, dengan panjang berkisar 1.143 Kilometer. Dengan hulu sungai yang berada di Pegunungan Muller dan bermuara di Selat Karimata. Sungai Kapuas memiliki hujan hutan tropis yang masih sangat alami karena termasuk sebagai salah satu hutan lindung yang ada di Indonesia.

Sungai Barito

Adalah sungai yang berhulu di Pegunungan Schwaner di provinsi Kalimantan Tengah. Sungai ini memiliki panjang aliran sungai berkisar 909 Kilometer, serta bermuara di Laut Jawa di provinsi Kalimantan Selatan yang diberi nama Muara Banjar.

Sungai Sambas

Berada di Kalimantan Barat, sungai ini berasal dari Kabupaten Bengkayang, melewati kota Sambas, dan berakhir bermuara ke Laut Cina Selatan.

Sungai Melawi

Sungai Melawi adalah salah satu sungai yang terdapat di Kalimantan Barat. Mata air sunga Melawi ini terletak di Kecamatan Abalau di salah satu air terjun bernama Air Terjun Nokan Nayan, serta bermuara di Sungai Kapuas. Sungai ini menjadi satu – satunya jalur transportasi di Kabupaten Melawi, karena jalur darat belum bisa diakses untuk menuju ke desa – desa yang berada di pedalaman timur Kabupaten Melawi.

Pada musim kemarau air aliran sungai akan surut, yang menyebabkan kesulitan pada transportasi. Moda transportasi ini biasa digunakan oleh warga masyarakat Kecamatan Menukung, Kecamatan Serawai Kecamatan Ella Hilir, serta Kecamatan Ambalau agar bisa pergi ke ibu kota Kabupaten Melawi dan Kabupaten Sintang.