Wednesday, July 28
Shadow

Ini Dia Doa Pernikahan yang Bisa Anda Gunakan

Doa adalah salah satu hal penting yang harus selalu ada dalam setiap apa yang dilakukan oleh seseorang. Dalam pernikahan pun demikian, doa menjadi hal yang tidak boleh dilupakan. Berikut ini adalah beberapa doa pernikahan yang sebaiknya ada dalam pernikahan.

Momen Mengucapkan Doa untuk Mempelai

Jika undangan pernikahan sampai pada Anda, sudah sepatutnya Anda datang untuk memenuhi undangan tersebut seraya mendoakan kedua mempelai. Momen untuk mendoakan itu akan lebih baik jika dilakukan saat Anda bersalaman dengan mempelai tersebut. Bisa juga ketika Anda hendak pamit kepada dua mempelai.

Bagaimana jika Anda tidak datang tetapi ingin tetap mendoakan mempelai? Jika ada halangan yang membuat Anda tidak bisa menghadiri undangan pernikahan, doa untuk mempelai boleh Anda ucapkan melalui pesan atau media komunikasi yang lain. Hal itu dinilai lebih baik daripada Anda sama sekali tidak hadir, dan tidak pula mendoakan.

pxhere.com

Doa yang Diucapkan untuk Mempelai

Mengutip dari Kitab Adzkar karangan Imam Nawawi, salah satu lafadz yang bisa digunakan untuk mendoakan seseorang yang menikah adalah:

بَارَكَ اللهُ لَكَ

Atau bisa juga,

بَارَكَ اللهُ عَليْكَ

Dua lafadz tersebut juga bisa Anda tambah dengan,

وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْر

Doa yang Diucapkan Pengantin

Selain didoakan, sebaiknya mempelai juga berdoa untuk dirinya sendiri. Sebab, doa seorang pengantin baru mudah sekali dikabulkan oleh Allah. Salah satu doa yang diucapkan oleh pengantin baru adalah doa ketika dua pengantin dipertemukan usai ijab kabul dilakukan.

Jika ketika akad, dua mempelai sudah ada di tempat akad, maka doa ini diucapkan usai akad nikah dilakukan. Jika pun saat itu Anda lupa, atau atas suatu hal Anda tidak melakukannya, Anda bisa membaca doa tersebut ketika tengah beristirahat bersama di kamar pengantin.

Doa tersebut masih diambil dari Kitab Adzkar seperti juga doa yang ditulis di atas. Bunyi doanya adalah:

بَارَكَ اللهُ لِكُلِّ وَاحِدٍ مِنَّا فِي صَاحِبِهِ. اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ

Jika diartikan, semoga Allah memberi berkah kepada masing-masing di antara kita bersama pasangannya. Ya Allah, aku meminta kepadamu kebaikannya, juga kebaikan pasangannya. Dan aku berlindung padamu, dari kejelekannya, juga kejelekan pasangannya.

pxhere.com

Makna Doa Barakallah

Doa barakallah artinya doa meminta barakah. Barakah sendiri diartikan sebagai nikmat. Tetapi, ada juga yang mengartikan barakah dengan bertambahnya kebaikan pada seseorang. Pengertian terakhir ini seperti pengertian yang diberikan oleh Imam Ghazali.

Menurut beliau, barakah diartikan dengan ziyadah al khair. Artinya, semakin bertambahnya kebaikan. Kebaikan yang dimaksud bisa kebaikan dalam hal agama, bisa juga kebaikan yang bersifat duniawi. Barakah harta, artinya hartanya terus bertambah, atau hartanya sedikit, tetapi cukup. Barakah umur, artinya umurnya bermanfaat meski secara jumlah tidak terlalu banyak.

Dalam hal ini, Imam Nawawi memiliki definisi lain tentang barakah. Menurut Imam Nawawi, barakah adalah berkembang atau bertambah, sekaligus terus menerus. Dan kebalikannya, kebaikan yang hanya terlaku beberapa saat lalu berhenti, adalah definisi lain tidak barakah.

pxhere.com

Manfaat Doa untuk Pengantin

Doa adalah perisai bagi orang-orang yang bertakwa. Dengan doa, seseorang akan dijauhkan dari keburukan. Jika keburukan itu sudah ditakdirkan, maka doa akan menciptakan kesabaran pada orang yang menjalani cobaan.

Anda tentu tahu, membina rumah tangga bukan sesuatu yang mudah. Masalah demi masalah akan datang bergiliran untuk menguji rumah tangga seseorang. Jika dua orang dalam rumah tangga tersebut kuat, maka rumah tangga mereka akan terus langgeng. Sebaliknya, jika tidak kuat, sudah dapat dipastikan apa yang terjadi kemudian.

Lebih dari itu, masalah dalam rumah tangga tidak hanya datang dari dua orang yang melangsungkan pernikahan saja. Di luar mereka, masih ada banyak hal yang bisa menjadi sebab munculnya masalah dalam rumah tangga.

Karena hal yang demikian lah, akan sangat baik bagi Anda untuk mendoakan mempelai berdua. Siapa tahu, doa yang Anda ucapkan diamini malaikat dan dikabulkan Allah. Untuk itu, mari berdoa untuk mempelai yang baru saja melangsungkan pernikahan.