Sunday, November 29
Shadow

Cara Mengubah File JPG ke PDF Dengan Aplikasi Tambahan

File pdf adalah jenis file yang memiliki tingkatan keamanan sampai dengan tiga lapis. Dengan keamanan yang bertingkat tersebut maka file pdf bisa lebih aman dari peretas-peretas yang tidak bertanggung jawab. Perihal file pdf ini bisa di edit sesuai dengan kebutuhan mu. File pdf ini bisa kamu ubah dan tambahkan.

Kamu juga bisa mengubah gambar dengan format jpg menjadi pdf. Dengan mengubah format jpg menjadi pdf, maka kamu bisa melakukan cara mengubah pdf ke word untuk kepentingan mu. Kami akan menjelaskan secara detail tahapan mengubah file jpg menjadi format file pdf agar kamu bisa melakukan sendiri. Simak ulasan dari artikel yang ada di bawah ini.

1. Menggunakan Smallpdf

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengubah file jpg menjadi file pdf adalah dengan menggunakan situs web smallpdf. Situs ini memang sudah cukup terkenal untuk segala keperluan yang berkaitan dengan file pdf. Adapun untuk cara mengubah file jpg menjadi sebuah file pdf dengan menggunakan Smallpdf adalah sebagai berikut.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah masuk ke halaman dari situs web Smallpdf yaitu dengan klik pada link yang ada di www.smallpdf.com/id/jpg-ke-pdf.
  2. Setelah kamu masuk ke halaman beranda dari situs Smallpdf, tahapan selanjutnya adalah kamu upload file jpg dengan cara klik opsi pilih file.
  3. Kamu cari file jpg yang ingin kamu ubah formatnya menjadi pdf. Setelah file ketemu, kamu klik ok untuk mulai upload file jpg tersebut.
  4. Tunggu beberapa saat sampai proses upload gambar atau file jpg selesai dilakukan.
  5. Jika file gambar atau jpg tersebut selesai di unggah, tahapan selanjutnya adalah kamu klik menu dengan tulisan buat pdf sekarang yang berada di bagian bawah pada halaman web Smallpdf tersebut.
  6. Website Smallpdf akan langsung memproses gambar-gambar atau file jpg tersebut untuk bergant format menjadi pdf. Tunggu beberapa saat sampai proses konversi selesai dilakukan.
  7. Langkah terakhir jika proses konversi jpg ke pdf selesai dilakukan oleh Smallpdf adalah kamu download atau unduh file pdf tersebut.

Nah itulah cara mengubah file jpg menjadi format file pdf dengan menggunakan situs web Smallpdf. Cara tersebut sangat mudah dengan syarat koneksi internet lancar. Karena ketika internet tidak lancar, maka akan menghambat dan bahkan menggagalkan proses konversi tersebut.

pexels.com

2. Mengunakan Aplikasi Foxit Reader

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengubah file gambar atau jpg menjadi sebuah file pdf adalah dengan menggunakan aplikasi Foxit Reader. Aplikasi ini tak hanya bisa kamu gunakan dalam mengubah file gambar saja. Kamu bisa mengubah file apapun menjadi pdf disini. Berikut ini adalah cara mengubah file jpg menjadi file pdf dengan menggunakan aplikasi Foxit Reader. Simak ulasan artikel yang ada di bawah ini.

  1. Langkah pertama adalah kamu unduh dan instal terlebih dahulu aplikasi Foxit Reader dengan cara mencari di google chrome dan semacamnya.
  2. Setelah aplikasi Foxit Reader kamu instal, langkah berikutnya kamu buka browser di perangkat pc atau laptop yang kamu miliki.
  3. Cari gambar dengan format jpg yang ingin kamu ubah menjadi pdf. Setelah gambar kamu temukan, kamu klik kanan dan pilih opsi dengan tulisan convert to pdf in Foxit Reader.
  4. Aplikasi Foxit Reader akan terbuka secara otomatis dan langsung melakukan convert file. Setelah konversi selesai dilakukan, langkah terakhir kamu klik save untuk menyimpan file pdf tersebut.

Nah itulah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengubah file gambar atau file jpg menjadi sebuah file pdf dengan menggunakan aplikasi Foxit Reader. Meski aplikasi Foxit Reader ini sangat simpel dalam melakukan konversi ke file pdf, namun aplikasi ini memiliki keterbatasan hanya mampu menconvert satu file saja.

pexels.com

3. Menggunakan Aplikasi Nitro Reader

Cara lain yang bisa kamu pilih dan gunakan untuk mengubah file dengan format jpg menjadi format file pdf adalah dengan menggunakan aplikasi Nitro Reader. Cara-cara mengubah file jpg menjadi pdf dengan aplikasi Nitro Reader ini tak jauh beda dengan aplikasi Foxit Reader. Hanya saja terdapat perbedaan dari segi menu. Adapun untuk step by step mengubah file jpg menjadi file pdf dengan Nitro Reader adalah sebagai berikut.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk dapat mengubah file dengan format jpg menjadi pdf dengan menggunakan aplikasi Nitro Reader adalah terlebih dahulu download dan instal aplikasi tersebut.
  2. Setelah aplikasi Nitro Reader terinstal, kamu langsung menuju halaman browser atau windows dari perangkat pc atau laptop mu.
  3. Kamu cari file jpg yang ingin kamu ubah formatnya menjadi pdf.
  4. Jika kamu ingin mengubah satu file saja, maka kamu klik file jpg tersebut dan klik print. Namun jika ingin mengubah file jpg dalam jumlah banyak, kamu seleksi semua file jpg tersebut dan kemudian klik print.
  5. Akan muncul kotak dialog print dari aplikasi Nitro Reader. Kamu beri nama file tersebut dan terakhir klik print. Maka file tersebut sudah berubah format menjadi pdf.

Nah itulah ulasan lengkap tentang cara mengubah file dengan format jpg menjadi file pdf. Sekian dan terima kasih.