Friday, December 9
Shadow

Hati Hati Menggunakan Wifi Gratis

Wifi sekarang ini menjadi salah satu alternatif yang bisa digunakan untuk mendapatkan akses internet saat seseorang tidak memiliki paket data untuk digunakan. Pada umumnya wifi banyak digunakan di coffe shop atau warung kopi pinggir jalan yang bertujuan untuk menarik pelanggan. Semakin tinggi kecepatan jaringan wifi maka semakin tertarik orang untuk berkunjung ke sebuah warung kopi.

Tetapi sekarang ini wifi juga menjadi salah satu alternatif pilihan yang banyak digunakan di lingkungan rumah. Sekarang ini sangat mudah di jumpai rumah rumah yang dilengkapi dengan jaringan wifi. Salah satu alasan mengapa banyak orang yang lebih memilih untuk memasang wifi di rumah adalah karena dengan menggunakan wifi maka pengluaran menjadi lebih hemat.

Seperti yang kita tahu bahwa sekarang ini harga paket data dari hari ke hari terus mengalami peningkatan tentunya hal tersebut bisa membuat pengguna jaringan intetrnet kebakaran jenggot. Oleh sebab itu tidak heran apabila banyak orang yang lebih memilih untuk memasang wifi di rumah  sebagai langkah untuk melakukan penghematan.

Tetapi tahukah kamu bahwa ternyata dengan kita menggunakan wifi terutama untuk wifi gratisan ada berbagai bahaya yang mengancam.

pexels.com

Hal Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Menggunakan Wifi Gratis

Dengan mahalnya harga paket data sekarang ini penggunaan hotspot wifi menjadi pilihan terbaik yang bisa diambil oleh setiap orang. Tetapi tentunya apabila kita menggunakan hotspot wifi gratisan maka ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan karena bisa berbahaya untuk smartphone yang kita gunakan atau data yang kita miliki.

Oleh sebab itu berikut ini adalah beberapa hal yang tidak boleh dilakukan ketika kamu menggunakan jaringan wifi gratisan antara lain yaitu sebagai berikut.

  1. Bertransaksi online

Seperti yang kita tahu bahwa sekarang ini internet banking dan mobbile banking merupakan sebuah fitur yang sangat membantu dan sangat menjanjikan karena memberikan kemudahan untuk melakukan transaksi keuangan. Tetapi meskipun begitu ketika melakukan transaksi online kamu harus lebih berhati hati khususnya bagi kamu yang menggunakan wifi gratisan. Karena pada umumnya wifi gratisan tidak dilengkapi dengan keamanan tinggi sehingga bisa membahayakan transaksi yang sedang berlangsung.

  1. Mengakses informasi sensitif

Tentunya sebuah informasi yang sensitif harus di jaga dengan baik agar tidak di salah gunakan oleh orang lain. ketika kamu menggunakan hotspot pada wifi gratisan maka bisa dipastikan bahwa jaringan tersebut tidka dilengkapi dengan sistem keamanan yang bagus. Sehingga ketika kamu mengakses suatu informasi yang sensitif maka akan ada bahaya bahwa informasi yang kamu akses di bobol oleh orang lain.

  1. Mengunjungi deep web dan drak web

Mungkin banyak diantara kamu yang belum mengetahui mengenai deepp web dan drak web. Tetapi perlu diketahui bahwa deep web dan drak web merupakan situs yang sangat berbahaya dan dipenuhi dengan berbagai jenis virus yang berbahaya bagi smartphone ataupun laptop. Oleh sebab itu ketika kamu menggunakan jaringan wifi gratis maka jangan sekali kali kamu mengunjungi situs tersebut. Karena dengan sistem keamanan rendah yang dimiliki oleh wifi gratisan maka smartphone atau laptop kamu akan mudh terserang virus.

pexels.com

Resiko Menggunakan Wifi Gratis

Seperti yang telah disampaikan di awal bahwa wifi gratisan itu memiliki sistem keamanan yang rentan dan sangat lemah. Oleh sebab itu ketika seseorang menggunakan wifi gratisan maka ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan seperti yang tellah disampaikan di atas. Karena apabila kamu tetap melakukan beberapa hal tersebut maka akan banyak resiko yang bisa kamu dapatkan.

Maka dari itu berikut ini adalah beberapa resiko yang siap mengintai kamu kapan saja antara lain sebagai berikut.

  1. Data rentan dicuri

Ketika kamu menggunakan wifi gratisan maka dapat dipastikan bahwa jaringan wifi tersebut tidak dilengkapi dengan sistem keamanan yang kuat. Oleh sebab itu ketika kamu menggunakan wifi gratisan dan mengakses sebuah data penting maka akan ada kemungkinan bahwa data yang kamu akses sangat rentan untuk di retas atau Hack fb online.

  1. Terinfeksi virus

Ketika kamu mengakses sebuah situs maka pastinya akan banyak virus yang mengintai yang siap masuk ke peranggkat yang kamu gunakan. Akan tetapi virus tersebut hanya bisa masuk ketika kamu menggunakan jaringan dengan sistem keamanan yang rentan dan lemah. Oleh sebab itu ketika mengakses situs yang penuh dengan virus seperti situs deep web dan drak web maka jangan sekali kali kamu menggunakan jaringan wifi.

  1. Di mata matai

Ketika kamu menggunakan jaringan wifi gratisan maka sistem keamanannya akan sangat lemah. Tentunya dengan sistem keamanan yang lemah akan memungkinkan seseorang untuk membobol masuk ke dalam sistem perangkat. Dan hal tersebut bisa mengakibatkan sistem perangkat kamu diretas dan digunakan untuk memata matai kegiatan kamu.

  1. Iklan pop up

Salah satu hal paling menyebalkan ketika kita mengakses jaringan internet adalah keberadaan iklan pop up. Tetapi ketika menggunakan jaringan paket data atau wifi dengan tingkat keamanan tinggi maka iklan yang muncul tidak akan begitu banyak. Tetapi akan berbeda ketika kamu menggunakan wifi gratisan maka perangkat kamu akan dibanjiri oleh iklan pop up dan tentunya  hal tersebut  sangat menjengkelkan.