Tuesday, January 25
Shadow

Kado Anak Papua dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara

Kerusuhan di Papua akhir-akhir ini selalu menjadi sorotan dan semakin mengenaskan. Banyak tempat-tempat yang menjadi sasaran pengrusakan oleh massa. Salah satunya adalah Unit PLN dan gudang PLN di UP3 Wamena. Bangunan dan pegawai PLN UP3 Wamena ini sempat akan menjadi korban kerusuhan di Wamena. Berkat salah seorang mahasiswa asal Jayawijaya, Nehemia Wamu, aksi masa dapat diredakan.

 

Aksi yang ditengarai karena adanya kesenjangan sosial dan ekonomi di antara masyarakat Papua ini, membuat banyak perusahaan milik negara yang terancam dirusak. Saat aksi pengrusakan terjadi, Wamu, sapaan akrabnya sedang melakukan praktik kerja lapang. Karena pengertian yang diberikan oleh Wamu inilah, massa yang siap membakar gudang dan melukai pegawai PLN bisa mereda.

 

Pada tanggal 8 Otober 2019, perwakilan Kementerian Badan Usaha Milik Usaha, Menteri Rini sedang melakukan kunjungan di UP3 PLN Wamena ini. Mengetahui kejadian yang terjadi, Bu Menteri memberikan penghargaan kepada Wamu karena aksi heroiknya yang dapat menghalau massa yang datan untuk menyerang PLN tersebut.