Monday, July 4
Shadow

Keindahan Pasir Hitam di Pantai Trisik Kulon Progo

Yogyakarta selalu hadir dengan deretan wisata yang menarik wisatawan. Selain wisata budaya yang cukup terkenal adalah wisata alamnya seperti pantai. Ada banyak pantai indah di Yogyakarta yang sayang untuk dilewatkan, salah satunya adalah Pantai Trisik Kulon Progo. Ada hal menarik apa di pantai ini?

Pantai Trisik Si Cantik Berpasir Hitam

Pantai Trisik Kulon Progo berbeda dengan pantai-pantai lainnya. Perbedaan yang cukup mencolok hadir dari warna pasirnya. Jika biasanya kita menjumpai pantai dengan pasir putih, di sini pengunjung akan disambut dengan pasir hitam yang tak kalah cantiknya.

Hal-hal Unik di Pantai Trisik Kulon Progo

Selain menyimpan keindahan alam yang menarik, pantai ini juga menyimpan banyak keunikan. Apa saja keunikan yang dimilikinya? Berikut adalah beberapa di antaranya.

  • Pantai ini menjadi salah satu lokasi pengamatan burung yang letaknya tepat di muara Sungai Progo.
  • Warga secara swadaya mengelola sebuah penangkaran penyu di pantai ini.
  • Pada awal bulan Syuro (1 Syuro) ada tradisi Labuhan Sedekah Laut yang biasanya dilakukan para nelayan supaya selalu dilimpahi berkah dan keselamatan.

Pantai di Kulon Progo ini rupanya tidak hanya hadir dengan tampilan yang cantik namun juga berbagai keunikan yang sayang dilewatkan. Tentu saja ini membuat pantai tersebut cocok masukkan ke daftar wisata yang wajib dikunjungi selama di Yogyakarta.