Monday, July 4
Shadow

Ketahui Cara Kerja Sepeda Motor Listrik

Seiring dengan perkembangan jaman bermunculan berbagai macam teknologi baru dari segala macam bidang, tidak ketinggalan untuk dunia otomotif. Selain itu orang – orang mulai berlomba – lomba untuk menciptakan sebuah bahan bakar alternatif, agar dapat menurunkan pemakaian bahan dasar minyak.

Salah satu tekhnologi dunia otomotif yang berkembang adalah munculnya kendaraan berbekal mesin listrik, sehingga tidak akan menimbulkan emisi gas buang. Selain mobil kendaraan lain yang dibekali dengan mesin listrik adalah motor, karena memang untuk konsumen motor sendiri di negara Indonesia termasuk yang paling banyak.

Mengenal Sepeda Motor Listrik

Sepeda motor listrik tentu saja tidak memerlukan bahan bakar minyak, hal ini dikarenakan penggunaan dinamo dan akumulator sebagai tenaga penggeraknya. Untuk sepeda motor listrik sendiri di Indonesia tersedia berbagai macam tipe yang mampu melaju hingga kecepatan 60 Km/Jam. Selain itu sepeda motor listrik juga dilengkapi dengan rem cakram, lampu penerangan dan juga lampu sein, sebagai standar keselamatan serta layak jalan.

Pihak Berwajib

Terkait dengan ramainya sepeda motor listrik, pihak kepolisian menegaskan kendaraan ini tidak memerlukan adanya STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan. Selain tidak memerlukan STNK, sepeda motor listrik ini juga tidak memerlukan adanya BPKB seperti yang disampaikan oleh pihak Dinas Perhubungan.

Cara Kerja Sepeda Motor Listrik

Cara kerja sepeda motor listrik ini secara garis besar sama dengan sepeda motor berbahan bakar minyak, yang menjadi pembeda utamanya adalah penggunaan baterai dan juga dinamo benggerak, sehingga sepeda motor listrik ini tidak akan menimbulkan polusi udara.

Penggunaan baterai ini sebagai sumber daya untuk menggerakan motor listrik pada bagian mesin, yang kemudian disalurkan kepada roda sehingga sepeda motor listrik dapat berjalan. Untuk jarak tempuhnya sendiri sepeda motor listrik ini mampu menempuh jarak terjauh hingga 160 Km dengan keadaan baterai terisi penuh. Mungkin keresahan bagi sebagian orang adalah apakah sepeda motor listrik memiliki ketahanan terhadap air. Untuk sepeda motor listrik sendiri dapat digunakan pada jalanan yang tergenang air maupun dicuci apabila memang sudah kotor, selama dinamo motor ini tidak terendam air.