Monday, April 12
Shadow

Keutamaan Sholawat Fatih Bagi Umat Muslim

Bagi umat muslim membaca sholawat adalah hal yang sangat dianjurkan. Sholawat sendiri biasanya dibaca dan didengar oleh banyak orang atau dilakukan seorang diri. Sholawat bagi umat muslim merupakan salah satu hal yang akan membuat pahala bertambah. Dengan makin berkembangnya zaman dan teknologi membuat sholawat kini tak hanya dapat dilantunkan seorang diri saja, banyak aplikasi sholawat yang akan mempermudah masyarakat khususnya masyarakat muslim untuk mengingat dan terus mencari pahala dengan mendengarkan lantunan sholawat. Menurut info dari Berakal.com kini sholawat juga bisa didengar dengan cara mendownload menggunakan aplikasi download lagu sehingga lebih mudah dan nyaman tanpa perlu merekam sendiri. Salah satu sholawat yang memiliki keutamaan dan Fadhilah cukup besar bagi umat muslim adalah sholawat Fatih.

Fadhilah Sholawat Fatih

Sholawat Fatih termasuk dalam salah satu jenis sholawat yang cukup banyak digaungkan oleh masyarakat muslim karena keutamaannya. Berikut keutamaan sholawat Fatih yang dapat dijadikan acuan oleh masyarakat muslim:

  1. Penghilang gelisah

Salah satu keutamaan atau Fadhilah sholawat Fatih bagi umat Islam adalah penghilang gelisah atau resah. Para umat muslim yang memiliki masalah dengan kegelisahan dapat secara rutin membaca sholawat ini atau mendengarkan dari musik dan aplikasi lain yang kini makin mudah didapatkan. Hal ini membuat para umat muslim merasa lebih tenang ketika melakukan segala sesuatu dan dimudahkan segala urusannya. Dengan membaca sholawat Fatih secara rutin maka hati yang gelisah akan kembali tenang.

  1. Terhindar dari api neraka

Keutamaan yang kedua umat muslim yang selalu membaca sholawat Fatih akan dihindarkan dari api neraka. Beberapa ulama menyebutkan bahwa dengan membaca sholawat Fatih maka api neraka akan diharamkan untuk menyentuh muslim tersebut. Walau ada beberapa ulama yang menyebutkan hanya dengan sekali membaca sholawat Fatih seumur hidup maka dia tidak akan masuk neraka. Berbagai kajian ulama memiliki maksud yang sama yaitu para pembaca sholawat Fatih akan terhindar dari neraka.

  1. 000 kali lebih besar dibanding pahala sholawat lain

Membaca sholatnya Fatih memiliki keutamaan yaitu pahala yang diberikan 10.000 kali lebih banyak dibanding dengan sholawat lain. Hal ini membuat sholawat Fatih lebih utama walau banyak sholawat lain yang sama besar juga pahalanya jika dibaca dengan rutin. Beberapa utama juga mengatakan bahwa nilai kelipatan yang akan didapat oleh umat muslim ketika membaca sholawat adalah 600 ribu kali.

  1. Mudah mendapatkan hidayah

Sebagai seorang muslim mendapatkan hidayah adalah hal yang sangat mulia. Banyak orang membutuhkan hidayah di kehidupan mereka. Hal ini juga dipengaruhi oleh jenis kehidupan yang mereka lalui. Sebagai seorang muslim yang taat membaca sholawat Fatin akan memberikan kemudahan pada hidayah Allah untuk datang pada mereka. Hidayah ini bisa beruba tobat karena melakukan kemaksiatan atau bahkan menjadi orang yang lebih baik lagi.

  1. Berkumpul bersama Rosul di akhirat

Keutamaan yang selanjutnya adalah umat muslim akan dapat berkumpul dengan para rasul Allah ketika di akhirat nanti. Ini adalah salah satu keutamaan yang paling besar pengaruhnya karena berkumpul bersama malaikat Allah merupakan salah satu hal yang sangat diinginkan oleh umat muslim

  1. Hidup bahagia di dunia maupun akhirat

Salah satu keutamaan lain adalah para pembaca sholawat Fatih ini akan mendapatkan kebahagiaan di dunia maupun di akhirat. Para pembaca sholawat ini akan diberikan kemudahan pada setiap jalan yang ditempuh dan akan selalu memiliki solusi pada setiap masalahnya. Hal ini yang membuat pembaca sholawat akan hidup bahagia di dunia maupun di akhirat nanti.

  1. Meninggal dengan Khusnul khatimah

Diantara semua umat muslim pasti ingin meninggal dengan cara yang Khusnul khatimah. Hal ini karena Khusnul khatimah dinilai merupakan salah satu proses kematian dan cara kematian yang paling baik dan dianggap sebagai salah satu cara kematian yang diinginkan oleh semua orang. Meninggal dalam keadaan Khusnul khatimah ini berarti meninggal dalam keadaan baik dan beribadah.

Penjelasan Hukum Sholawat Fatin

Menurut beberapa ulama sholawat Fatin adalah salah satu jenis sholawat yang paling dianjurkan oleh para ulama. Hal ini karena keutamaan sholawat ini sangat besar. Sholawat Fatin memiliki pahala yang sangat luar biasa sehingga bagi siapapun yang membacanya akan diberikan hidayah dan kemudahan hidup di dunia maupun diakhirat. Sholawat fatin ini memiliki penjelasan hukum yang disampaikan oleh para ulama. Dalam sebuah judul buku terbitan ulama muda dan berpengaruh menceritakan tentang mimpi dan asal usul sholawat Fatih. Dari buku ini diceritakan bahwa at-tijani bermimpi bertemu dengan nabi Muhammad dan nabi mengajarkan sholawat tersebut pada at-tijani.

Dari mimpi ini kemudian sholawat ini diamalkan oleh beberapa ulama di waktu tersebut sehingga saat ini. Akan tetapi beberapa ulama juga memiliki pendapat lain bahwa sholawat ini adalah sholawat yang tidak memiliki bukti di sunah atau hal apapun sehingga dianggap sebagian salah satu bid’ah. Sholawat ini diangga sebagai salah satu bentuk bid’ah dan kekafiran bagi sebagian besar ulama. Ulama-ulama tertentu tidak mempercayai hal tersebut. Mereka menganggap kuasa Tuhan lebih besar dibanding kuasa manusia yang hanya sejengkalnya saja.