Tuesday, January 25
Shadow

Kuliah di Turki

Melanjutkan kuliah di luar negeri salah satunya di Turki merupakan cita-cita yang perlu dengan perjuangan. Turki yang terkenal sebagai negara dengan banyak budaya yang kesenian ini merupakan salah satu target untuk pendidikan perguruan tinggi. Walaupun kebanyakan lebih memilih untuk ke Eropa maupun Amerika.

Negara yang terkenal dengan julukan Permadani dan gaya arsitektur terkenal ini memiliki beberapa universitas unggulan. Universitas-universitas tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Istanbul Technical University

Universitas yang ada di Istanbul ini memiliki 13 fakultas dengan jumlah mahasiswa mencapai 35 ribu. Universitas ini merupakan universitas teknik terbaik yang ada di Turki. Jika Anda ingin melanjutkan pendidikan teknik, universitas ini sangat direkomendasikan.

  1. Ege University

Perguruan Tinggi yang berada di kota Izmir ini merupakan perguruan tinggi tertua ke 4 di Turki. Terdiri dari 12 fakultas yaitu Komunikasi, Farmasi, Kedokteran, Teknik, Pendidikan, Ekonomi, Perikanan, Pertanian, Keperawatan dan lain sebagainya.

  1. Middle East Technical University

Universitas yang terkenal paling selektif di Turki ini merupakan universitas terbaik pertama. Ada sekitar 31 ribu mahasiswa yang berkuliah di sini. Sebagai universitas terbaik di Turki, membuatnya dipercaya dan paling banyak memegang proyek yang ada di Eropa. Karena berbasis pengembangan pendidikan seperti sains dan ilmu sosial membuat banyak lulusannya menjadi seorang ilmuwan.

  1. Anadolu University

Universitas yang berada pada kota Ekisehir ini mulai berdiri pada tahun 1958. Ada sekitar 20 fakultas yang berada di sini. Selain itu juga merupakan fakultas terbaik ke 2 yang ada di Turki. Yang menarik dari kampus ini adalah menyediakan kuliah secara online yang bisa diikuti oleh siapapu. Benar-benar kampus dengan konsep yang modern.

Itulah beberapa universitas yang bisa di bilih sebagai acuan jika ingin kuliah di Turki. Walaupun biaya yang dikeluaran tidak sedikit, namun sebagian besar universitas membuka beasiswa yang penuh bagi mahasiswa yang beruntung. Fasilitas yang didapat jika memperoleh beasiswa di Turki bukan hanya dalam hal pendidikan. Misalnya tunjangan tiap bulan, tiket pesawat, asuransi kesehatan dan lain sebagainya.