Wednesday, October 21
Shadow

7 Jenis Lapangan Futsal di Jogja yang Nyaman Digunakan untuk Bermain Futsal

 

Tidak hanya populer dengan tempat wisata yang ciamik, Jogja juga mempunyai rekomendasi arena futsal. Mengingat sebagian besar kawasan dipenuhi oleh mahasiswa dan perkantoran besar, maka tempat futsal dikhususkan untuk melepas jenuh. Namun tidak sedikit para atlet yang membutuhkan lapangan ini, untuk melatih ketangkasan bermain. Oleh sebab itu lapangan futsal di Jogja mempunyai beragam jenis sesuai kebutuhan. Simak ulasan berikut.

Sesuaikan Lapangan dengan Kebutuhan

  1. Tipe Lapangan Vinyl

Ketika menyewa sebuah arena futsal tentunya anda menginginkan fasilitas yang mumpuni. Terutama dari segi lapangan yang dapat meminimalisir cidera para pemain. Oleh sebab itu jenis vinyl banyak digemari semua pecinta futsal. Vinyl sendiri terbuat dari bahan yang empuk sehingga pemain merasa nyaman saat menggiring bola. Bahan utamanya berupa rubber, sejenis karet yang lembut, jadi dijamin tidak akan merusak sepatu futsal.

Bola yang digiring dapat meluncur dengan lancar sampai menuju ke gawang lawan. Hal ini karena tingkat kerapatan bahan lapangan yang tinggi, sehingga permukaannya cukup rata. Bahan rubber membuat lapisan atasnya terasa empuk, jadi sewaktu-waktu terjatuh tidak menyebabkan luka. Disarankan untuk menggunakan jenis sepatu dengan outsole dari karet murni, agar mampu mencengkram permukaan lapangan dengan baik.

  1. Tipe Lapangan Karpet Plastik

Polyethyle merupakan bahan plastik yang berkualitas tinggi, dengan daya rapat yang tidak bisa ditembus air. Jenis bahan itulah yang digunakan untuk pembuatan arena futsal dari karpet plastik. Susunan lapangan futsal di Jogja ini terdiri dari banyak lembaran yang bisa dibongkar pasang. Lembaran tersebut mudah dipindah ke berbagai tempat, serta memiliki daya tahan yang lama. Tidak heran jika lapangan karpet plastik mempunyai nilai ekonomis tinggi.

Meskipun terbuat dari plastik tetapi permukaannya tidak licin, bahkan cenderung relatif kesat. Jarang sekali ditemukan adanya lapisan atas yang tidak rata, padahal jenisnya mudah dibongkar pasang. Setiap pemain futsal dijamin aman saat menggulirkan bola diatasnya. Walaupun nantinya tetap terjatuh tidak akan menggores luka di anggota tubuhnya. Asalkan memakai sepatu dengan cengkraman kuat, bukan yang sol bawahnya licin.

  1. Tipe Lapangan Taraflex

Seperti bahan lapangan karpet plastik, polyethyle juga digunakan sebagai pembuatan arena futsal jenis taraflex. Karena bahan plastik yang digunakan bersifat keras, sehingga bagian permukaannya tidak licin. Selain itu membuat lapangan lebih awet dibandingan bahan lapangan lainnya. Meskipun digunakan bermain futsal dalam jangka waktu berdekatan, tetapi tidak membuatnya mudah terkelupas atau rusak di bagian tertentu.

Daya rengkat bagian permukaannya cukup rapat, alhasil bola menggelinding lebih lancar. Jenis seperti ini bisa anda temukan di lapangan futsal di Jogja, yang disediakan khusus untuk peminat olahraga futsal. Termasuk beberapa fasilitas yang ikut melengkapi bagian dalam area olahraga ini. Anda tinggal membawa rombongan beserta perlengkapan futsal, lalu bisa langsung menikmati bermain futsal tanpa khawatir cidera.

  1. Tipe Lapangan Paequette

Dilihat dari namanya memang tidak familiar di telinga masyarakat Indonesia. Namun berbeda dengan orang yang benar-benar menyukai futsal. Ia tahu bahwa jenis arena futsal ini populer di wilayah Eropa dan Amerika Latin. Bahan utamanya terbuat dari kayu yang sering digunakan untuk pembuatan GOR. Oleh karena itu model Paequette biasa diterapkan untuk lapangan futsal yang ukurannya lebih besar.

Pemain bebas menggulirkan bola dengan lincah, sembari melakukan manuver untuk menantang lawan. Karena bagian permukaannya kesat jadi aman digunakan untuk berlari kesana kemari. Laju bola berjalan dengan lancar diatas alas lapangan futsal di Jogja, berkat daya rapatnya tinggi. Selain itu air tidak mudah merembes ke dalam, jika ada air tumpah bisa langsung dibersihkan bagian atasnya. Jadi area futsal bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama.

  1. Tipe Lapangan Rumput Sintetis

Rata-rata arena futsal masa kini menggunakan rumput sintetis, yang terjamin keamanan pemainnya. Pasalnya bahan sintetis tidak hanya tahan lama, tetapi memiliki daya cengkram kuat saat diaplikasikan ke lapangan. Sekilas dilihat memang mirip rumput di lapangan sepak bola pada umumnya. Belum ada yang mengalahkan bagian permukaannya yang lembut, bahkan sampai enak dibuat tidur-tiduran sejenak selepas lelah bermain futsal.

Keunggulan bahan sintetis terletak pada aliran bola yang tidak begitu cepat. Sehingga mudah untuk menguasai bola serta melakukan gerakan yang menipu lawan. Rata-rata lapangan futsal di Jogja menggunakan rumput sintetis. Selain karena bahannya lumayan murah, kebanyakan pemain familiar dengan jenis lapangan ini. Jadi mudah bagi mereka untuk mengenali arena futsal, supaya dapat melancarkan berbagai macam strategi.

  1. Tipe Lapangan Semen

Jenis lapangan futsal seperti ini mudah anda temukan, terutama yang tinggal di daerah pinggiran kota. Karena dibandingkan bahan lapangan yang lainnya, jenis semen lebih murah dan tahan lama. Bagi mereka yang hanya memiliki fasilitas lapangan ini, tentu adanya arena futsal sudah mencukupi. Hal paling penting ialah kebersamaan saat bermain dengan teman-teman. Soal permainan yang dilakukan mengikuti sesuai kesenangan masing-masing.

Lapangan semen tidak membutuhkan cara perawatan khusus, mungkin hanya perlu pelaburan 6 bulan sekali agar tetap halus. Karena permukaan yang rata aliran bola pun bisa melaju dengan lancar. Sayangnya perlu berhati-hati saat melakukan manuver diatas lapangan ini, sebab lapisan atas cukup keras sehingga kulit mudah terluka. Apabila terjatuh juga beresiko pemain mengalami cidera di bagian anggota tubuh tertentu.

  1. Tipe Lapangan Rumput Asli

Jenis lapangan futsal di Jogja ada juga yang mirip seperti lapangan sepak bola pada umumnya. Hanya ukurannya jauh lebih kecil dan berkapasitas 5-7 pemain dalam satu tim. Selain itu rumput yang tumbuh tidak begitu rimbun, hanya sedikit muncul di permukaan saja. Meskipun tidak begitu rata bagian atasnya tetapi sanggup membantu pemain melakukan manuver. Pemain diharapkan berhati-hati diatas lintasan karena resiko cidera cukup tinggi.

Memiliki komunitas sesama penggemar futsal, membuat satu kelompok perlu bikin jersey futsal. Pasalnya jersey akan mencerminkan identitas dari komunitas itu sendiri, sekaligus memperkenalkan para anggotanya. Oleh sebab itu beberapa kelompok memiliki kaos olahraga ini sendiri. Tujuannya agar mereka memiliki kebanggan tersendiri serta mudah memanggil nama anggota dalam tim, ketika melakukan sparing dengan teman-teman.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *