Wednesday, October 21
Shadow

Mirip Dengan Bahasa Jawa, Yuk Simak Fakta Menarik Tentang Bahasa Sunda

 

Bagi anda yang tinggal di dataran tanah Sunda atau daerah Jawa Barat, pastinya tak asing dengan bahasa satu ini. Meskipun sekilas mirip dengan bahasa Jawa, namun bahasa Sunda memiliki keunikan tersendiri yang perlu untuk anda tahu. Bagi anda yang penasaran tentang uniknya bahasa khas dari tanah Jawa ini, berikut akan diulas beberapa fakta menarik yang bisa anda kulik dalam pembahasan di bawah ini. Simak ulasannya disini.

Mengintip Keunikan Bahasa Khas Jawa Barat

  1. Ternyata Juga Digunakan Di Jawa Tengah

Jika anda mengenal bahasa satu ini hanya digunakan di Jawa Barat saja, maka anda pun salah besar. Pasalnya, terdapat beberaa desa yang berada di Kabupaten Banyumas yang masyarakatnya menggunaan bahasa satu ini. Hal ini dikarenakan dulunya, masyarakat menggunakan bahasa tersebut sebagai bentuk bahasa untuk sehari hari. Salah satu desa yang menggunakan bahasa ini adalah Dusun Cijurig yang berada di desa Dermaji, Banyumas.

Dengan penggunaan bahasa Sunda di Jawa Tengah ini menandakan bahwa kebudayaan Sunda sendiri pernah tumbuh secara pesat di provinsi satu ini. Salah satu hal yang menjadi punahnya bahasa satu ini di Jawa tengah adalah dikarenakan adanya keharusan Bahasa Jawa menjadi bahasa lokal daerah. Untuk itu, hal tersebut menjadi salah satu hal yang menyebabkan masyarakat Jawa Tengah cenderung mahir berbahasa Jawa.

Selain itu, dalam riset yang dilakukan oleh Dosen Universitas Ilmu Budaya Unsoed Siti Junawaroh yakni di Kabupaten Brebes, terdapat sebuah fakta bahwa penduduk tersebut malu jika harus bertutu dengan menggunakan kalimat atau kata kata Sunda. Sehingga, apabila sedang berhadapan langsung dengan orang yang berada di luar lingkungannya, kebanyakan mereka menggunakan bahasa Jawa. Untuk itu, penutur bahasa ini pun hanya tinggal sekitar 14 persen dengan pusatnya yakni berada di Kecamatan Salem.

  1. Memiliki Aksara Tersendiri

Jika anda hanya mengenal aksara Jawa, maka saat ini anda pun perlu mengetahui bahwa Bahasa Sunda juga memiliki aksara atau huruf yang digunakan pada jaman dahulu. Terdapat beberapa jenis aksara di dalam bahasa satu ini, yakni terdapat aksara suara, aksara ngalegna dan juga aksara rarangken. Untuk itu, bagi anda yang selama ini hanya mengenal aksara Jawa, maka anda pun bisa mengetahui bahwa Sunda juga memiliki beberapa jenis aksara.

Untuk itu tanah Jawa memiliki bahasa yang sangat beragam, sehingga hal ini akan membuat anda bisa mempelajari berbagai bahasa tersebut dengan mudah. Bahasa ini pun juga memiliki tutur kata yang lembut. Oleh sebab itu, bagi anda yang ingin pergi ke daerah Jawa Barat dalam waktu yang cukup lama, maka sebaiknya anda mulai belajar bahasa satu ini. Pasalnya, orang Sunda dikenal memiliki pribadi yang ramah sehingga anda pun bisa dengan mudah untuk berkomunikasi dengan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *