Wednesday, October 21
Shadow

Pengertian Sedekah Sunat Dan Keutamaan Melakukan sedekah Sunat

Salah satu anjuran dalam islam adalah sedekah. Dimana dalam islam hukum sedekah ini terdiri dari dua macam yaitu wajib dan juga sunat. Sedekah wajib yaitu sedekah yang harus dilakukan atau ditunaikan jika tidak ditunaikan maka berdosa. Sebaliknya sedekah yang dihukumi sunah itu artinya apabila dikerjakan maka akan mendapat pahala, namun tidak berdosa jika tidak dilakukan.

Dengan bersedekah maka Anda telah melakukan suatu hal kebaikan yang mana dapat memberikan manfaat untuk Anda sendiri dan juga orang lain. Dimana dengan menumbuhkan sikap berbagi atau bersedekah itu bagian dari rasa syukur atas nikmat yang sudah Allah berikan.

Pengertian Sedekah Sunat Dan Sedekah Wajib

Apa itu sedekah? Sedekah adalah membagikan harta kepada orang lain dan tidak mengharap imbalan selain ridho Allah SWT. Untuk melakukan sedekah syarat pertama adalah harta yang disedekahkan harus halal. Jika harta yang disedekahkan hasil dari perbuatan yang dilarang dalam islam, maka sedekah yang dilakukan akan sia-sia saja.

Sedekah dibagi menjadi dua yaitu wajib dan sunnah. Sedekah wajib dibagi menjadi dua yaitu zakat fitrah dan juga zakat mal. Apa itu zakat fitrah? Zakat fitrah adalah zakat yang dilakukan setahun sekali ketika bulan suci Ramadhan atau sampai sebelum dilakukannya sholat idul fitri

Sedangkan zakat mal adalah zakat harta baik yang diperoleh dari perdagangan, pertanian. Pertambangan, barang temuan dan masih banyak lagi. Dimana zakat-zakat tersebut wajib dikeluarkan. Semua hal tersebut wajib dipelajari oleh umat islam. Dengan belajar islam dan mengamalkannya maka insyaallah akan selamat dunia dan akhirat.

Lalu apa yang dimaksud dengan sedekah atau shadaqah sunnah? Shadaqah sunnah adalah memberikan harta selain dua yang wajib tadi. Misalkan membagikan makanan kepada fakir miskin untuk berbuka, memberikan uang kepada pengemis, menyumbang untuk pembangunan masjid dan lain sebagainya.

Jika sedekah wajib ada aturannya baik tentang harta yang dimiliki, waktu kepemilikan harta serta jumlah harta yang harus dizakatkan. Berbeda dengan shadaqah sunnah yang tidak ada aturan tertentu, dimana jumlahnya sesuai dengan keikhlasan orang yang bersedekah.

Apa Saja Keutamaan Dalam Melakukan Shadaqah Sunnah?

Ada banyak keutamaan dari melakukan kebaikan shadaqah sunnah, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Orang yang senantiasa bersedekah akan dilipat gandakan hartanya.
  • Shodaqoh dapat menjadikan ketenangan hati dan sebagai obat mujarab penyakit hati.
  • Sebagai tameng atau pelindung dari api neraka.
  • Terhindar dari sifat tamak dan kufur nikmat.
  • Mempertebal iman dan takwa.
  • Mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan.
  • Sebagai penolong di neraka dan di hari kiamat serta menghapus dosa-dosa.

Selain itu masih banyak lagi keutamaan dari melakukan shadaqah sunnah. Dimana shadaqah harus dilakukan dengan ikhlas dan diusahakan tidak ada orang lain yang tahu atau dilakukan secara sembunyi-sembunyi agar tidak menimbulkan sifat riya’ dalam hati.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *