Monday, July 4
Shadow

Penggemukan Sapi

Dari tahun ke tahun, kebutuhan akan dagung sapi terus meningkat. Peningkatan ini salah satunya dipicu oleh pertumbuhan penduduk yang terus bertambah. Saat ini, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan daging, sebagiannya ditutupi oleh kuota impor. Semua Ini dilakukan karena kuota daging nasional belum mampu mencukupi kebutuhan masyarakat sepenuhnya.

Sebetulnya ini bisa jadi peluang bisnis yang menguntungkan bagi para pengembang peternakan sapi di dalam negeri. Sebelum memulai usaha ini, sebaiknya peternak mempelajari dan menggali lebih dalam terlebih dahulu tentang beternak sapi potong yang baik. Penggemukan sapi juga bisa dilakukan guna mengoptimalkan hasil daging sapi ternak.

Penggemukan sapi merupakan salah satu cara pemeliharaan ternak guna meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi daging, sebelum akhirnya ternak tersebut dijual ke khalayak luas. Untuk melakukan pemeliharaan ternak dengan cara ini, ada beberapa faktor penting yang harus diperhatikan oleh para peternak, yaitu sebagai berikut:

  1. Pemilihan sapi

Sapi yang disiapkan untuk bakal penggemukan diusahakan sapi jantan. Kriterianya yang memiliki mata bersinar, moncong pendek, badan tinggi, dada dengan badan lebar, kulit tipis, tidak terlalu urus, memiliki usia yang cukup, dan memiliki kapasitas usus atau perut yang besar. Kriteria kapasitas usus harus diperhatikan, karena sapi akan diberi banyak makan.

  1. Pemberian pakan dan obat

Waktu pemberian pakan rutin 2 kali sehari setiap pagi dan sore dalam bentuk pakan hijau dan konsentrat. Pemberian makannya lebih baik dipotong-potong agar lebih mudah dicerna oleh sapi. Pemberian konsentrat sebaiknya dalam bentuk kering dan tidak dicampur air, namun dalam bentuk basah juga harus diberikan. Sedangkan, pemberian obat cacing rutin sebanyak 1 kali dalam 3 – 4 bulan.

  1. Sistem perkandangan dan kebersihannya

Kandangan yang digunakan haruslah kandang komunal yang dibangun secara mengelompok dalam satu hamparan hijau yang luas. Selain itu, kebersihan kandangn juga penting untuk diperhaatikan. Pastikan kandangn tidak berbau dan lembab. Bersihkan secara rutin lantai kandang setiap hari atau paling tidak 2 hari sekali.