Tuesday, November 30
Shadow

Pengguna Media Sosial Di Indonesia Lebih Dari Separuh Total Penduduk

 

 

Internet sekarang ini telah menjadi suatu kebutuhan yang tak dapat dibendung lagi, tidak terkecuali untuk masyarakat Indonesia. Bahkan angkanya disebut tak main-main baik untuk angka pengguna media sosial di Indonesia maupun mereka yang menggunakan internet untuk keperluan yang lebih serius. Pasalnya menurut sebuah penelitian sudah nyaris 64 persen penduduk Indonesia yang telah memiliki koneksi ke jaringan internet. Lebih jelasnya jumlah pengguna internet di Indonesia telah menyentuh angka 175,4 juta orang, padahal jumlah total penduduk di Indonesia hanya sekitar 272,1 juta jiwa saja. Jika dibandingkan dengan tahun 2019 silam, jumlah total pengguna internet di dalam negeri mengalami peningkatan sebesar 17 persen atau lebih tepatnya sekitar 25 juta jiwa.

Menghabiskan 8 Jam Setiap Hari Untuk Terhubung Ke Internet

Yang menarik, pengguna jaringan internet di Indonesia yang usianya dalam rentang 16 sampai 64 tahun menghabiskan rata-rata waktu sekitar 8 jam setiap hari guna surfing alias berselancar di Internet. Rata-rata waktu tersebut jelas melampaui rata-rata penggunaan akses internet harian global yang hanya berada di angka sekitar 6 jam saja. Hal tersebut semakin menunjukkan betapa bergantungnya banyak sekali penduduk dalam negeri terhadap internet.

Waktu yang dihabiskan penduduk Indonesia bersama internet itu jelas membuat Indonesia masuk ke dalam peringkat 10 besar negara dengan tingkat kecanduan internet tertinggi. Meskipun hanya menduduki posisi ke delapan dalam daftar yang dimaksud tetapi kiranya dapat membuat nama Indonesia semakin dikenal di kancah global dalam hal kebutuhannya akan internet. Pada tahun sebelumnya bahkan sebetulnya Indonesia berada di posisi kelima, tetapi dengan semakin tingginya pengguna internet di negara-negara lainnya, posisi Indonesia pun bergerak turun.

Pengguna Media Sosial Di Indonesia Menyentuh Angka 160 Juta

Selain apa yang sudah disebutkan di atas, Indonesia juga memiliki pencapaian lainnya yakni dalam hal jumlah pengguna media sosial yang tak kalah tinggi. Pasalnya jumlah total pengguna media sosial baik yang populer maupun yang tidak di Indonesia telah menyentuh angka 160 juta jiwa. Hal tersebut menunjukkan peningkatan sekitar 8,1 persen alias 12 juta jiwa dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Angka tersebut menunjukkan bahwa pengguna media sosial di Indonesia sudah lebih dari separuhnya yakni di kisaran 59 persen dari total penduduk Indonesia.

Rata-rata secara umum penggunaan media sosial di dalam negeri berkisar 3 jam saja setiap harinya. Meskipun artinya tidak lebih dari separuh rerata penggunaan internet harian secara keseluruhan tetapi ternyata rerata tersebut masih berada di atas rerata global yang hanya di angka sekitar 2 jam saja setiap hari untuk akses media sosial. Dalam hal ini, Filipina merupakan negara yang aktivitas mengunjungi media sosialnya paling sering dengan rerata waktu hampir 4 jam setiap hari.  Yang cukup mencengangkan yaitu adanya fakta bahwa rata-rata pengguna media sosial dalam negeri mempunyai sekitar 10 akun setiap orang untuk beberapa media sosial. Tetapi memang dari semua akun yang dimiliki hampir sebagian besar merupakan akun yang tidak aktif, mungkin karena lupa akses masuk maupun karena alasan lainnya ketidakaktifan tersebut. Hal yang cukup membanggakan adalah sekitar 65 persen akun media sosial penduduk Indonesia digunakan untuk hal produktif, misalnya untuk bekerja, berdagang dan lain sebagainya. Artinya penggunaan media sosial di Indonesia masihlah dalam jalur yang membangun.

Pengguna Internet Mobile Lebih Besar Dari Jumlah Penduduk

Sudah dikatakan sebelumnya bahwa pengguna internet di Indonesia telah mencapai angka 175,4 juta pengguna alias lebih dari 60 persen jumlah penduduk. Tetapi jika dihitung berdasar perangkat mobile yang digunakan saja maka sebetulnya pengguna internet dalam negeri jauh lebih banyak lagi bahkan nyaris 2 kali lipat. Setidaknya sekarang saja, tercatat di Indonesia yang terhubung dengan koneksi internet pada perangkat mobile mereka, misalnya ponsel pintar maupun tablet berada di angka 338,2 juta. Hal tersebut dapat terjadi karena banyak sekali pengguna internet terutama pengguna internet mobile yang memiliki lebih dari satu perangkat. Sehingga wajar kiranya angkanya menjadi lebih besar dari jumlah penduduk total Indonesia itu sendiri. Angka 338,2 juta tadi sebetulnya telah mengalami kenaikan sekitar 15 juta alias 4,6 persen dibandingkan tahun lalu. Artinya menunjukkan daya beli pengguna internet terhadap perangkat internet mobile secara tidak langsung terbilang meningkat pula.

Informasi di atas jelas menunjukkan betapa telah terjadinya migrasi besar dalam masyarakat kita yang mulai menuju masyarakat digital. Pasalnya dengan tingkat penggunaan internet yang begitu tinggi, bukan tidak mungkin terbangunnya masyarakat digital akan benar-benar segera terwujud. Sudah terbukti dengan berbagai hal yang sekarang ini dapat dilakukan secara digital, sebut saja misalnya pembayaran digital, kegiatan pembelajaran dalam jaringan dan masih banyak lagi contoh konkret lainnya. Sekian sedikit pembahasan mengenai betapa besar pengguna internet dalam negeri baik pengguna media sosial di Indonesia maupun mereka yang menggunakan internet untuk hal lainnya. Untuk mendapatkan informasi menarik yang lain silahkan kunjungi Kang Sandi baik dari perangkat mobile maupun dari perangkat desktop. Lalu temukan ragam topik dan pembahasan menarik yang layak untuk diikuti.