Tuesday, May 24
Shadow

Perbedaan Soda Kue dan Baking Powder

Baking soda atau soda kue dan baking powder, keduanya biasa dipakai untuk membuat kue. Tapi meski nama dan bentuknya mirip ternyata tak serupa.

Ternyata keduanya punya fungsi masing masing yang berbeda.  Lalu, apa perbedaan soda kue/baking soda dan baking powder? simak selengkapnya berikut ini.

Soda Kue

soda kue/baking soda merupakan bahan yang biasanya dipakai dalam makanan dipanggang seperti biskuit dan kue. Baking soda juga dikenal  sebagai natrium bikarbonat. Juga adalah bubuk kristal putih bersifat basa secara alami.

Baking soda akan menjadi aktif ketika dicampur dengan bahan atau cairan asam. Bahan ini akan hasilkan karbon setelah diaktivasi. Manfaat baking soda sendiri membuat kue atau makanan jadi empuk dan ringan.

Baking powder

Berbeda dengan baking soda, baking powder merupakan zat ragi lengkap. Mengandung natrium bikarbonat (basa) dan mengandung asam yang bermanfaat membuat makanan mengembang.

Perbedaan lain dari baking soda dan baking powder sebagai berikut.

Baking soda dipakai kalau  resep makanan juga menyertakan bahan asam misalnya, jus buah sitrus, krim tartar, buttermilk, dan lainnya.

Sedangkan baking powder lazimnya dipakai untuk resep tak mengandung bahan asam. Sebab bubuk tadi sudah mengandung adam yang diperlukan untuk memproduksi karbon dioksida.

Kemudian dari sifatnya juga perbedaan baking soda sifatnya basa dan hasilkan efek rasa pahit. Namun berbeda rasa kalau diimbangi kesamaan bahan lainnya misalnya buttermilk.

Sedangkan resep dengan memakai baking powder biasanya menggunakan bahan bahan lain seperti susu dan bahan lainya yang punya sifat rasa netral.

Itulah sedikit informasi perbedaan soda kue dan baking powder. Semoga bermanfaat.