Friday, December 9
Shadow

Pilihan Perusahaan Akuntansi Perusahaan Dagang

Akuntansi adalah sebuah ilmu yang memiliki lahan kerja cukup luas. Tak heran jika jurusan akuntansi di berbagai universitas di Indonesia hampir selalu memiliki jumlah peminat yang sangat tinggi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia sendiri kata “Akuntansi” memiliki arti seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu kesatuan ekonomi. Orang yang menyediakan jasa akuntansi ini disebut sebagai akuntan. Akuntan bertugas menyusun, membimbing, mengawasi, menginspeksi, hingga memperbaiki tata buku serta administrasi perusahaan atau bisa juga pada instansi pemerintah. Berbagai perusahaan yang ada di Indonesia tentunya membutuhkan jasa akuntan ini untuk mengatur administrasi dan pembukuan perusahaannya. Begitu pula perusahaan dagang, baik yang berskala kecil, sedang, besar, hingga berskala internasioal.

 

Mengapa perusahaan dagang memerlukan jasa dari akuntan?

Perusahaan dagang sendiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan barang. Perdangangan merupakan kegiatan tukar menukar berupa barang dengan alat pembayaran atau barang dengan barang. Untuk menghindari terjadinya kesalahan data atau semacamnya yang akan berakibat pada kerugian, pengaturan administrasi yang baik sangatlah diperlukan. Dengan pengaturan administrasi yang baik,, seminimal mungkin perusahaan dagang tersebut akan terhindar dari carut-marutnya agenda perusahaan seperti pada perencanaan proyek dan lain sebagainya.

 

Di Indonesia ada banyak sekali perusahaan akuntansi yang dapat dipilih. Namun, ada beberapa hal yang perlu dijadikan pertimbangan dalam memilih perusahaan akuntasi untuk mengurus sebuah perusahaan diantaranya:

  1. Lamanya perusahaan tersebut berdiri

Perusahaan yang sudah lama berdiri tentu sudah memiliki citra yang jelas sehingga mudah bagi pemilik perusahaan dagang untuk menilai perusahaan akuntansi terebut. Selain itu, pengalaman perusahaan juga merupakan nilai tambah yang perlu diperhatikan.

  1. RBC (Risk Based Capital) lebih dari 120%

RBC ini merupakan kesehatan keuangan perusahaan akuntansi tersebut. Nilai RBC yang semakin besar akan menunjukkan bahwa keuangan perusahaan asuransi tersebut semakin baik.

  1. Menawarkan premi terjangkau

Hal ini tidak berarti bahwa perusahaan dengan premi tinggi merupakan perusahaan yang pasti lebih baik. Namun, pilihlah perusahaan dengan premi yang masuk akal dan terjangkau.