Tuesday, January 25
Shadow

Selai Kacang untuk Diet dan Manfaatnya

Kacang tanah kering dipanggang kemudian ditumbuk halus dan diperas adalah proses pembuatan selai kacang pada umumnya. Jenis olahan selai ini banyak digunakan untuk olesan roti atau topping kue.

 

Beberapa orang memanfaatkan selai kacang untuk diet karena memang kandungan olahan umumnya lebih dari 90% berbahan baku kacang. Tidak mengandung lemak susu dalam selai sehingga bagus untuk program diet.

Manfaat Kacang untuk Program Diet

  1. Mengenyangkan

 

Beberapa olahan selai kacang yang dijual di pasaran menggunakan pemanis atau yang biasa dikenal sebagai produk sweetened peanut butter. Selai tersebut merupakan selai kacang dengan pemanis tambahan atau sakarida, seperti gula, sirup, krim, minyak sayur, garam, dan lainnya.

 

Umumnya untuk selai yang manis ini sering dipakai untuk topping kue atau roti. Selai kacang manis lebih lezat dan mudah dimakan, tetapi untuk program diet akan lebih baik memilih selai kacang murni.

Kacang dengan nutrisi berupa lemak tak jenuh serta protein akan membuat kenyang lambung Anda. Pilihan tepat untuk sarapan dengan menu roti dan olesan selai kacang, jika Anda ingin menurunkan berat badan.

Kacang tanah bermanfaat memberikan efek mengenyangkan sehingga Anda dapat menunda rasa lapar yang berlebihan. Takaran selai kacang yang sehat yang dikonsumsi sehari-hari kurang lebih adalah dua sendok makan tiap pagi.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Dari banyak penelitian, kacang-kacangan terbukti dapat membantu penurunan berat badan. Kandungan nutrisi pada kacang tanah tepatnya protein lebih banyak dari yang ada pada jenis kacang lainnya.  Kacang-kacangan juga dikenal kaya akan lemak sehat dengan kandungan serat yang tinggi.

Protein di dalam kacang tanah bermanfaat untuk mencegah asupan kalori berlebihan sehingga bagus untuk diet. 200 kalori pada selai kacang dapat memberikan rasa kenyang.

  1. Meningkatkan metabolisme tubuh

Selai kacang yang murni atau tidak mengandung banyak pemanis buata memiliki manfaat yang bagus untuk program diet. Selain itu, beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa kandungan nutrisi pada selai kacang juga mampu membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh.

Demikian beberapa manfaat selai kacang untuk diet yang tentunya perlu dikonsumsi dengan takaran yang pas setiap harinya.