Wednesday, July 28
Shadow

Tabungan Umroh, Solusi Untuk Mewujudkan Niatan Ke Tanah Suci!

Mempersiapkan keberangkatan dengan membuat tabungan umroh menjadi pilihan paling bijak. Secara, biaya umroh cukup besar sehingga menabung sejak awal sangatlah direkomendasikan. Toh, banyak tempat yang bisa Anda maksimalkan untuk mengumpulkan biaya.

Menabung sedikit demi sedikit akan lebih meringankan. Yang perlu dilakukan adalah konsisten. Dengan begitu, rencana untuk umroh akan cepat terealisasi.

Dimana Seharusnya Menabung Untuk Ibadah Umroh?

pixabay.com

Sebenarnya, mengumpulkan dana untuk ibadah umroh bisa dilakukan dengan berbagai cara. Pilihan pertama adalah menabungnya sendiri di rumah. Yang diperlukan adalah membuat rencana tentang berapa besar uang yang akan ditabung tiap bulannya.

Tapi cara seperti ini rawan berhasil. Apalagi jika Anda melihat nominal uang di rumah. Kebanyakan akan tergiur untuk menggunakannya semisal untuk memenuhi kebutuhan sekunder.

Cara yang kedua adalah menabung di bank dengan sistem syariah. Ini menjadi pilihan sebagian besar masyarakat. Selain bank menawarkan wadah untuk menabung uang, penabung juga mendapatkan hasil dari besaran bunga yang diberikan.

Sementara cara yang ketiga adalah menabung langsung di biro perjalanan umroh. Cara ini dipandang lebih menarik dan hemat waktu. Kenapa?

Alasannya adalah Anda akan tahu besaran biaya pasti mengenai keberangkatan ke tanah suci. Artinya, Anda tinggal melakukan pengangsuran umroh murah yang ditawarkan oleh biro tersebut setiap bulannya.

Ketika angsuran selesai, Anda tinggal merencanakan untuk keberangkatan dengan lebih cepat. Pasalnya, Anda langsung bisa memanfaatkan bironya untuk mengantarkan Anda ke tanah suci. Dengan begitu, waktu tidak terbuang terlalu banyak untuk merealisasikan cita-cita ke masjidil haram.

Yang Perlu Diperhatikan Ketika Menabung

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin merencanakan tabungan umroh. Hal ini harusnya disadari agar rencana keberangkatan tepat waktu. Dengan kata lain, Anda tidak mengulur-ulur waktunya sehingga membuat waktu menunggu semakin lama.

  1. Fokus Untuk Merealisasikan Tujuan

Ketika menabung, sangat dianjurkan untuk mengencangkan niat. Apa yang menjadi niat harusnya dipegang sejak awal. Niatan inilah yang akan mendorong seseorang untuk terus berusaha melakukan hal yang terbaik.

Niat ini juga terencana. Salah satunya adalah niatan untuk berangkat di tahun tertentu. Dengan merencanakan seperti ini, Anda tidak akan lagi melakukan hal-hal yang bisa menghambat terealisasinya tujuan.

  1. Konsisten Menabung dengan Besaran Tetap

Setelah berniat kapan akan berangkat, Anda sebenarnya telah memahami besaran biaya yang harus dikeluarkan setiap bulannya. Biaya ini harusnya terkumpul sempurna sebelum waktunya.

Untuk mendukungnya, sangat direkomendasikan untuk menabung dengan nominal tetap. Nominal tetap ini biasanya sudah dijabarkan oleh pihak bank atau biro. Jadinya, Anda tinggal melakukan pembayaran secara rutin di tiap bulannya dengan biaya yang sama.

Semakin konsisten, semakin besar peluang Anda untuk berangkat di hari tersebut. Sebaliknya jika tidak konsisten, Anda hanya menabung uang seperti biasa. Keberangkatan ke tanah suci akan terkendala dan semakin lama.

Pertimbangan Sebelum Melakukan Penabungan

pixabay.com

Pada kesempatan kali ini, kami menyarankan Anda untuk menabung di biro perjalanan. Penabungan di biro ini dipandang lebih efisien waktu. Betapa tidak, Anda nantinya tidak perlu mengurusi berbagai hal setelah dana terkumpul.

Tapi sebelum itu, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Pertimbangan ini berhubungan dengan keamanan. Nah, apa saja yang harus Anda perhitungkan?

  1. Tepat Memilih Biro Perjalanan Umroh

Jangan sampai keliru menentukan biro perjalanan. Yang rugi adalah Anda sendiri. Agar tidak mengalami kerugian, usahakan untuk mencari informasi tentang bironya. Diantaranya adalah ijin resmi dari pemerintah dan sering tidaknya memberangkatkan jemaah ke tanah suci.

  1. Biaya Keberangkatan Umroh

Memahami besaran biaya keseluruhan untuk umroh juga menjadi perhatian utama. Usahakan untuk menanyakan biaya tersebut. Jika dipandang sudah baik, tinggal Anda lakukan penabungan.

  1. Besaran Uang Muka

Tidak dipungkiri jika Anda mau menabung untuk ibadah umroh, biro akan memberlakukan uang muka sebagai tanda jadi. Besaran uang muka ini bergantung pada tenggat waktu yang Anda pilih. Semakin dekat waktunya, uang mukanya juga semakin besar.

  1. Jumlah Angsuran Tiap Bulan

Yang selanjutnya adalah besaran angsuran. Angsuran tiap bulannya harusnya tidak mempengaruhi keuangan Anda. Setidaknya, angsuran ini merupakan bagian dari uang sisa yang tidak digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Dengan begitu, Anda tidak mengalami kesulitan dalam menjalani hidup di tiap harinya.

Kesimpulannya, kesempatan untuk ke tanah suci semakin besar bila Anda rajin menabung. Kuncinya adalah konsisten dan tepat memilih tempat untuk menabung. Jadi, sudahkah Anda membuka tabungan umroh saat ini?