Tuesday, January 25
Shadow

Yuk Kita Mengenal Wilayah Aceh Selatan

Dalam provinsi Aceh, terbagi menjadi beberapa wilayah yang dinamakan sesuai dengan nama letak daerahnya. Seperti Aceh yang terletak di wilayah bagian Tenggara memiliki nama Aceh Tenggara, Aceh bagian Selatan bernama Ach selatan, bagian utara juga bernama Aceh utara dan bagian timur pun bernama Aceh timur.

1. Kilas balik tentang Aceh Selatan

Menurut sejarahnya, wilayah Aceh Selatan ini adalah wilayah yang merupakan bagian dari Aceh Barat. Di mana pada masa oembentukan Aceh Selatan ditandai dengan adanya pengasahan UU darurat nomor 7 pada tahun 1956 dan 4 November 1956. Sementara pada tahun 2002 lalu kabupaten Aceh ini sudah diresmikan untuk dibagi menjadi tiga kabupaten yaitu ada Kabupaten Aceh Selatan, Kabupaten Aceh Singkil, dan kabupaten Aceh barat daya.

2. Batas wilayah

Karena sudah mengalamu pemekaran menjadi 3 kabupaten, kini batas wilayah Kabupaten Aceh Selatan pun berbeda sendiri, di mana pada bagian Utara berbatasan dengan kabupaten Aceh Tenggara dan kabupaten Gayo, bagian timurnya berbatasan dengan kabupaten Aceh Singkil dan kota Subulussalam, bagian selatannya berbatasan dengan kabupaten Aceh Singkil dan Samudra Indobesia serta pada bagian baratnyaberbatasan dengan kabupaten Aceh Barat Daya.

3. Kondisi Topografi

Pada kondisi Topografi Aceh Selayan bisa dibilang sangat bervariasi. Di mana wilayah Aceh Selatan ini memiliki wilayah yang terdiri atas dataran rendah, bergelombang, verbukit dengan kemiringan yang terjal atau curam. Di mana kondisi topografi atau daratan curqm bisa dikatakan mencapai 63.45%, datatan normal hanya kisaran 34,66%, dengan kemiribgan lahan dominannya adalah 40%.

Nah! Itulah sedikit informasi mengenai daerah Aceh Selatan di artikel ini. Masih banyak informasi lainnya yang bisa kamu gali lebih dalam, tentang wisata alamnya, mata pencaharian warganya, dan lain sebagainya.